Edison Datuk Rajo Indo Lewakan Gelar Rajo Idin kepada Yusmajoyo

178

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Sebuah upacara adat khusus pengangkatan gelar adat digelar di Kambang, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, pada Ahad (4/5/2021).

Tokoh yang kali ini dilewakan Pucuak Adat Kaum Suku Sikumbang Edison, SKM Dt Rajo Indo adalah Yusmajoyo, Spd, MM, penggerak pendidikan di Kecamatan Lengayang. Yusmajoyo diberi gelar Rajo Idin, bagi suku Sikumbang Gantiang.

Dalam istilah adat Minangkabau patah tumbuh hilang berganti, pengukuhan gelar Rajo Idin kepada Yusmajoyo sudah sesuai alur dan patut, yakni sesuai hasil kerapatan adat kaum suku Sikumbang dibawah kebesaran Edison Datuk Rajo Indo maka gelar Rajo Idin diberikan kepada Yusmajoyo.

Edison Dt Rj Indo dalam sambutanya mengucapkan selamat atas pengukuhan Yusmajoyo sebagai Rajo Idin untuk kaum suku Sikumbang Ganting, Kecamatan Lengayang, Pessel semoga amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pucuak Adat Kaum Suku Sikumbang Dt Rj Indo menyampaikan bahwa gelar yang dilewakan ini merupakan sebuah amanah yang diberikan oleh anak kemanakan melalui lembaga adat Sikumbang Kambang. Serta gelar ini juga sebagai pengakuan dari anak kemanakan kaum sikumbang di Kecamatan Lengayang dalam istilah Minang yang dituakan selangkah dan ditinggikan seranting.

Edison Dt Rj Indo kepada media ini, Selasa (6/4/2021) berharap kepada Yusmajoyo Rajo Idin yang baru dikukuhkan bisa mengayomi anak kemanakan supaya adat berfungsi dengan baik.

Ditambahkannya, Yusmajoyo yang bergelar Rj Idin hendaknya memberikan sumbangsih dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dapat diselesaikan sepanjang adat ditengah masyarakat yang berfungsi sebagai bagian dari 3 tungku sajarangan yakni pemerintah, adat dan agama.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua LKAAM Pessel yang dihadiri Rajo Adat Nagari Kambang serta turut hadir para ninik mamak suku se-kecamatan Lengayang. agusmardi