Gelar Apel Pasukan, Rabu, 31.488 Warga Sijunjung di 16 Nagari Memilih Walinagari

363

Kapolres didampingi bupati, wabup, sekdakab dan unsur forkopimda periksa pasukan

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kalau tidak ada aral melintang, rencananya pada Rabu (7/4/2021), sebanyak 31.488 warga di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, akan memilih walinagari di 16 nagari (termasuk satu desa-red) di daerah itu.

Hal itu menyusul setelah pihak Pemkab Sijunjung melalui DPMN setempat mendistribusikan logistik Pilwana di 16 nagari di daerah itu.

Pendistribusian logistik ke-16 nagari itu mendapat pengawalan ketat dari Polres Sijunjung. Sebelum pendistribusian, kegiatan diawali gelar apel pasukan diikuti TNI-Polri-Satpol PP- Kesbangpol Limas-ASN. Gelar pasukan itu dipimpin Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK.MH pada Selasa (6/4/2021) di halaman kantor bupati daerah setempat.

Prosesi gelar pasukan pengamanan Pilwana itu diikuti Bupati Benny Dwifa Yuswir, Wabup Iradatillah, Sekdakab Zefnihan, unsur Forkopimda, Kadis DPMN Sijunjung, Khamsiardi, Kakan Kesbangpol Limas David Rinaldo dan Asisten 1 serta pejabat lainnya juga ikut kegiatan.


Ketika kapolres menyampaikan sambutannya

Pilwana yang dilaksanakan di 16 nagari itu tersebar pada tujuh kecamatan di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kepala DMPN Sijunjung, Khamsiardi, SSTP, M.Si didamping Kabid PemNag, Ayu Bony DF., SSTP, M.Si pada Jurnalsumbar.Com, Selasa (6/4/2021), menyebutkan, ada 16 nagari di tujuh kecamatan yang akan melaksanakan Pilwana pada Rabu (7/4/2021).

Diantaranya, Kecamatan Sumpurkudus yang akan melaksanakan Pilwana, yakni Nagari Tanjung Bonai Aur. Kecamatan Koto VII yang akan melaksanakan Pilwana yaitu Nagari Tanjung dan Nagari Padang Laweh.

Sedangkan Kecamatan Kupitan Nagari Pamuatan, Nagari Batu Manjulur dan Desa Kampung Baru. Sementara untuk Kecamatan IV Nagari yang melaksanakan Pilwana yaitu Nagari Palangki.

Kecamatan Lubuk tarok yang melaksanakan Pilwana yakni Nagari Kampung Dalam, Latang dan Silongo.

Kecamatan Tanjung Gadang yakni Nagari Sibakur. Sementara Kecamatan Kamang Baru yang melaksanakan Pilwana, yakni Nagari Sungai Batuang, Nagari Padang Tarok, Tanjung Kaliang, Lubuk Tarantang dan Siaur.

“Setidaknya ada 31.488 pemilih akan memilih Walinagari di 16 Nagari tersebut pada 99 TPS (tempat pemungutan suara) pada Rabu, 7 April 2021 itu.),”jelas Ardi.

Dijelaskan Ardi, Pilwana kali ini akan dilaksanakan dengan mengikuti Prokes (Protokol Kesehatan) Covid-19. Sesuai amanat Permendagri No.72/2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Kapolres Sijunjung, menghimbau agar semua elemen masyarakat yang melaksanakan Pilwana untuk dapat memberikan hak pilihnya serta agar selalu menjaga kamtibmas dan melaksanakan protokol kesehatan. isu