Sambut Ramadhan, Polres Sawahlunto Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Singgalang

295

JURNAL SUMBAR | Sawajlunto – Kepolisian Resort (Polres) Sawahlunto menggelar apel gelar pasukan operasi (Ops) keselamatan Singgalang tahun 2021. Kegiatan yang dipimpin Waka Polres Kompol Joni Darmawan di Mapolres setempat, pada Senin, (12/4/2021).

Wakapolres Sawahlunto Kompol Joni Darmawan menyampaikan amanat Kapolres yang menyatakan apel gelar pasukan operasi keselamatan Singgalang 2021 menyampaikan sejumlah amanat pimpinan terkait suksesnya operasi yang dilaksanakan 12 April sampai 25 April 2021 ini.

“Dalam operasi keselamatan ini untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlaku lintas serta menurunkan angka pelanggaram maupun kecelakaan lalu lintas serta menekan penyebaran Covid19 di Kota Sawahlunto,” kata Wakapolres.

Dia menegaskan dalam operasi ini menitik beratkan pada deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap penyebaran covid-19 dengan melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat terhadap bahaya virus corona (covid 19) berupa kegiatan sosialisasi dan penyuluhan melalui pemasanagan spanduk, benner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.

Melaksanakan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran covid-19. Melaksanakan publikasi tertib lantas dan mematuhi protokol kesehatan.

Pembinaan potensi masyarakat, penerangan dan penyuluhan lalu lintas, sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas bagi pengguna jalan dan melaksanakan kegiatan penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli lalu lintas di lokasi rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas sebagai upaya memberikan rasa aman bagi pengguna jalan.

Kepada personil juga diminta untuk kembangun opini yang positif terhadap citra polantas dengan ramah, sopan dan tegas dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakkan hukum yang profesional.

Menggelar personel dan kendaraan bermotor di lapangan secara optimal khususnya pada jam-jam sibuk atau padat arus lalu lintas dengan menggunakan seragam polantas yang terbaik sesuai dengan ketentuan, pintanya.simamora