Tanamkan Rasa Peduli, Remaja Masjid Ibadatul Ikhwan Gelar Kegiatan Semarak Berbagi

494

JURNAL SUMBAR | Pasaman Barat – Berbagi dengan sesama di bulan suci Ramadhan menjadi kegiatan yang dipelopori Ikatan remaja masjid Ibadatul Ikhwan, Jorong Kapa Selatan, Nagari Kapa, Kabupaten Pasaman Barat. Dengan menggalang donasi dari sejumlah donatur kemudian menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Semarak berbagi yang ditanamkan oleh remaja masjid tersebut merupakan bentuk kepedulian antar sesama. Selain membagikan takjil berupa makanan dan minuman kepada masyarakat, penyaluran bantuan juga bisa berbentuk uang yang akan diberikan kepada warga kurang mampu.

Tidak hanya pada bulan Ramadhan, kegiatan semarak berbagi juga digelar pada setiap hari Senin, Kamis dan Jumat di hari-hari biasanya. Semangat para pemuda itu pun mendapat dukungan dan apresiasi dari tokoh masyarakat setempat.

Ketua Remaja Masjid Ibadatul Ikhwan, Sulaiman menjelaskan. Kegiatan semarak berbagi didasari oleh menanamkan budaya sedekah dan peduli terhadap sesama.

“Program ini sudah kita mulai sejak bulan Maret lalu. Kita mengajak masyarakat untuk bersedekah, kemudian menyalurkannya kepada yang lebih membutuhkan. Alhamdulillah kegiatan ini didukung oleh tokoh masyarakat setempat, sehingga bisa berlanjut hingga saat ini,” tutur Sulaiman.

Menurutnya, peran pemuda sangat dibutuhkan ditengah masyarakat, termasuk dalam hal sosial seperti yang telah dilaksanakan.

“Kegiatan ini dilakukan dengan sistem door to door. Kita mendatangi langsung kerumah masyarakat yang membutuhkan. Terutama setiap hari Jum’at dengan cara mengutip masyarakat baik itu berupa uang, makanan atau minuman. Kita lebih berperan sebagai penyalur bantuan,” terangnya.

Desrengga Saputra selaku pemuda setempat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena para remaja masjid bisa mengisi kegiatan dengan hal yang positif.

“Kita lebih melihat rasa kepedulian dan kebersamaan dari program ini. Dimana kita melakukan penggalangan dana kemudian dikumpulkan dan disalurkan kepada warga lainnya,” kata Rengga.

Kegiatan remaja masjid tersebut juga mendapat dukungan dari pengurus masjid Ibadatul Ikhwan, Dasman, S.Pd. yang juga selaku pembina Ikaratan Remaja Masjid.

“Ahamdulillah, respon positif yang dari pengurus masjid membuat kawan-kawan pemuda dan pemudi untuk bergerak dengan semangat. Kita berharap kegiatan ini merupakan awal dari pergerakan pemuda nagari untuk menghadirkan hal-hal poisitif lainnya,” jelasnya.ndo