Gawat, Covid-19 Melonjak di Sijunjung, Hari Ini Ada 14 Penambahan Kasus Baru, Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat

1013

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Penambahan warga terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kian menggila. Bahkan hari ini (Kamis, 6/5/2021-red) saja warga terkonfirmasi Covid-19 bertambah hingga 14 orang. Tak ayal, sejumlah tokoh masyarakat pun angkat bicara. Berikut penjelasannya,

Pada hari ini, ada penambahan warga terkomfirmasi melonjak hingga14 orang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, Sumatera Barat, selaku Juru Bicara Penanggulangan Penanganan Covid-19, Rizal Effendi kepada Jurnalsumbar.Com via Whatsappnya, Kamis (6/5/2021) siang. Berikut penyebarannya;

“Hari ini juga ada penambahan sembuh sebanyak lima orang. Total warga terkonfirmasi selama pendemi capai 1.063 orang, yang masih terkonfirmasi sebanyak 58 orang, terdiri dari 34 orang perempuan dan 24 orang laki – laki,”sebut Rizal.

“Total warga sembuh ada 973 orang. Suspek 13 orang, diantaranya 10 orang dirawat di RSUD Sijunjung, 13 orang jalani Isolasi mandiri. Pada hari ini tak ada warga meninggal akibat Covid-19, namun total warga meninggal selama pandemi capai 32 orang,”terang Rizal.

Rizal Efendi,SE Kadis Kominfo Sijunjung

Atas melonjaknya Covid-19 itu membuat Tokoh Masyarakat (Tomas) angkat bicara. Seperti yang disampaikan Indra Jaya,SH, MH, ia menilai penanganan Covid-19 terkesan tak serius.

“Pemkab dalam menangani Covid-19 jangan separoh hati, karena peningkatan penyebaran Covid-19 sudah luar biasa. Tegakkan lah aturan dan yustisi. Supaya anggaran yang dipotong akibat Covid-19 tidak sia-sia. Malah saya menilai penangan Covid-19 kurang serius,”kata Indra Jaya mantan Ombusmand pada Jurnalsumbar.Com, Kamis (6/5/2021).

Mantan Ketua DPC Partai Demokrat itu juga minta supaya para OPD-OPD ikut berperan aktif dalam penanganan Covid-19 termasuk melaksanakan Prokes.

“Jangan dianggap remeh Covid-19 ini, tegakkan lah aturan yang telah ditetapkan dalam Perda 06/2020 Pemprov Sumbar,”terangnya.

Indra Jaya, SH.MH

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK, MH, juga menanggapi serius melonjaknya kasus Covid-19 di Sijunjung.

“Sijunjung mulai gawat, Dihimbau agar semua elemen mematuhi prokes. Saat ini yang diperlukan adalah ketegasan kita semua, bukan sekedar pencitraan atau khawatir tidak populer di mata masyarakat,”ucap kapolres pada Jurnalsumnar.Com, via Whatsappnya.

AKBP Andry Kurniawan, S.IK,MH

“Kita tegas karena kita peduli dan sayang dengan masyarakat. Cuman terkadang masyarakat sendiri masih rendah kesadarannya untuk mematuhi prokes. Tidak perlu saling menyalahkan, yang terpenting sekarang mari sama-sama berbuat untuk kebaikan kita bersama. Oke,”tambah kapolres

“Nah, sesuai hibuan Bupati Sijunjung, diharapkan kita selalu patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan Ingat 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tanggan dan Menjaga Jarak -red),”papar Rizal.

“Semoga warga yang masih dalam perawatan diharapkan segera sembuh dan diharapkan tak ada lagi warga terpapar Covid-19,”ucap Rizal selalu berharap.ius