LLI Sumbar Persiapkan Kegiatan Peringatan HLUN

174

JURNAL SUMBAR | Padang – Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Sumbar terus melakukan perkuatan organisasi. Organisasi yang baru dikukuhkan pada 24 Mei 2021 ini pun sigap mempersiapkan peringatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 untuk tingkat Sumbar.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua LLI Sumbar yang diketuai Dr. Ali Asmar, M.Pd usai rapat pleno organisasi tersebut di BKOM dan Pelkes Sumatera Barat, Rabu 16 Juni 2021. “Terimakasih atas kehadiran Panitia HLUN ke-25 dalam sosialisasi program dan kegiatan untuk memeriahkan HLUN. Kita berharap kegiatan ini dapat memberikan kesehatan dan kebahagiaan bagi para lanjut usia di daerah ini,” ujar Ali Asmar.

Mantan Sekda Sumbar ini menegaskan dalam sosialisasi program terlihat bagaimana para panitia dari berbagai seksi berupaya melakukan yang terbaik bagi kesuksesan acara. Diantara kegiatan yang akan diprioritaskan untuk dilaksanakan tersebut adalah penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan bagi lansia, vaksinasi covid-19 bagi 150 lansia. Kepada lansia itu juga diberikan bantuan sembako.

Guna memeriahkan acara, Panitia akan menampilkan kreasi tari lanjut usia dari Yayasan Lansia Kota Padang, PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin, PSTW Kasih Sayang Ibu Cubadak Tanah Datar. Dinas Sosial Kota Padang pun direncanakan akan menyerahkan Usaha Ekonomi Produktif bagi Lanjut Usia di 11 Kecamatan di Kota Padang.

Diungkapkan Ali Asmar, rapat hari Rabu itu merupakan rangkaian dari rapat-rapat sejak 29 Mei 2021, rapat virtual pada 3 Juni 2021. Untuk dukungan acara, LLI mengadakan silaturahim dengan stakeholder terkait.

“Keinginan kita untuk menyukseskan dan memeriahkan acara ini makin dimotivasi oleh peringatan HLUN tingkat nasional pada 29 Mei lalu. Temanya, Lansia Bahagia Bersama Keluarga, makanya kita di LLI ingin agar seluruh warga Sumbar pun memberikan kebahagiaan bagi lansia di keluarganya masing-masing. Kita pun dapat dukungan dari Gubernur dan stakeholder terkait,” tegasnya.

Ditambahkan Wakil Ketua LLI Sumbar, Parlagutan Nasution, vaksinasi bagi para lansia ini nantinya dipusatkan di lokasi puncak peringatan HLUN. Peringatan HLUN ke-25 untuk tingkat Sumbar dilaksanakan di Aula Universitas Baiturrahmah.

Menurut Parlagutan, secara teknis, pelaksanaan kegiatan ini nantinya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumbar, IDI Sumbar dan RS. M. Djamil Padang. Beberapa personil dari mereka turut serta dalam kepanitian.

Program-program yang sudah dibuat masing-masing seksi terkait dipaparkan dalam rapat Rabu siang. Seksi lain pun dipersilakan memperkuatnya demi kesuksesan acara.

Dijelaskan Parlagutan, selanjutnya seksi-seksi di Panitia Peringatan HLUN ke-25 Tahun 2021 akan berkoordinasi dengan Ketua I hingga Ketua IV. Ketua I H. Parlagutan Nasution, Ketua II H. Musliar Kasim, Ketua III Busril dan Ketua IV Merry Yuliesday.

Ketua I akan mengkoordinir seksi acara, seksi humas dan dokumentasi, dan sekretariat. Ketua II mengkoordinir seksi tempat dan perlengkapan, seksi konsumsi dan seksi pengerahan massa. Sementara Ketua III mengkoordinir seksi penyuluhan kesehatan dan seminar, seksi pemeriksaan kesehatan dan seksi vaksinasi. Sedangkan Ketua IV mengkoordinir seksi dana dan bantuan.es