Telorkan 250 Lulusan Terbaik, SMAN 3 Sawahlunto Siap Jadi Sekolah Unggul

730

Diskusi Lepas bersama Wakil Kepsek Bidang Sarana, Ben Zuheri, S.Pd, M.Si dan Camat Barangin Subandi serta Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com, Saptarius

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, yang telah menelorkan 250 lulusan terbaik, kini bersiap jadi sekolah Unggul.

SMAN 3 Sawahlunto yang terletak di Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin berada diareal tanah seluas 1,6 hektar tersebut siap berkomitmen mewujudkan sekolah terbaik dan menjadi sekolah unggul.

LokasI SMAN 3 Sawahlunto yang asri dan nyaman

Apalagi letak sekolahnya sangat strategis untuk Sawahlunto yang diasuh guru-guru hebat yang memiliki kemampuan mengajar yang cerdas. Dengan visi-misi sekolah “Mewujudkan lulusan berkarakter berakhlak mulia, unggul, disiplin, kompetitif dan berwawasan lingkungan.”

Guru dan siswa

Kepsek SMAN 3 Sawahlunto, Erdiani, S.Pd, M.Si melalui Wakil Kepsek Bidang Sarana, Ben Zuheri, S.Pd, M.Si didampingi Camat Barangin, Subandi, SH, menyebutkan, sekolah tersebut dibangun sejak 2013 silam dan dipungsikan pada tahun berikutnya (2014) berada dilingkungan yang nyaman, asri dan aman.

Awal berdiri SMAN 3 Sawahlunto memiliki 36 siswa satu lokal dan kala itu bergabung dengan SMA PGRI. Pada tahun 2013, sekolah tersebut sudah dirintis sejak 2013 untuk persiapan sekolah unggul.

Sayangnya, pada tahun itu terjadi suksesi Pilwako sehingga rencana sekolah unggul itu terabaikan. “Itulah yang terjadi lantaran seksesi kepemimpinan sehingga terabaikan rencana sekolah unggul tersebut,”kata Kepsek SMAN 3 Sawahlunto seperti diugkap Wakil Kepsek Bidang Sarana, Ben Zuheri, S.Pd, M.Si didampingi Camat Barangin pada Jurnalsumbar.Com, Senin (14/6/2021).

Berakreditasi B, SMAN Sawahkunto diasuh guru-guru hebat seperti halnya Wakil Kepsek Bidang Sarana, Ben Zuheri, S.Pd, M.Si. “Pak Ben Zuheri itu orang hebat, pernah jadi guru SMAN 1 Sawahlunto banyak anak didiknya yang sukses dibinanya,”ucap Subandi yang juga Wartawan Harian Singgalang saat itu.

Menurut Camat Barangin, Subandi yang juga mantan Ketua PWI Kota Sawahlunto itu, SMAN 3 Sawahlulto sangat tepat sebagai sekolah unggul. “Pasilitasnya sangat cukup dan memenuhi syarat dan diasuh guru-guru berakreditasi,”kata Subandi.

“Nah, ayo mari kita bersama-sama mendukung SMAN 3 Sawahlunto menjadi Sekolah Unggul di Kota Sawahlunto,”tanbah Subandi.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota DPRD Kota Sawahlunto, Dasrial Eri, SE.MM. Politisi PDI-Perjuangan itu juga mendukung mewujudkan SMAN 3 Sawahlunto itu sebagai Sekolah Unggul. Bahkan bukti dukungan Owner PT Indra Ceria itu telah menyalurkan anggaran Pokir (Pokok Pikiran) nya (Anggota Dewan-red) senilai Rp450 juta pada tahun 2016 (tiga paket).

Dasrial Eri Anggota DPRD Sawahlunto

“In sha Alloh kita siap mendukung SMAN 3 Sawahlunto untuk menjadi Sekolah Uggul. Kita nantinya juga minta pihak SMAN 3 Sawahlunto untuk memaparkan programnya. Nantinya kita juga minta dukungan teman-teman di provinsi yang membidangi pendidikan,”ucap Dasrial Eri siap membantu mewujudkan SMAN 3 Sawahlunto sebagai Sekolah Unggul.

Wakil Kepsek SMAN3 Sawahlunto dan Camat Barangin

Nah, jika semua pihak berkomitmen untuk memajukan pendidikan, maka hal itu diyakini bisa terwujud jika Pemko maupun Pemprov menyuport dan memperjuangannya.

Saat ini, jumlah siswa SMAN 3 Sawahlunto itu tersisa 155 orang. “Tahun uni yang tamat 44 orang. Ada yang diterima sebagai siswa undangan sebanyak tujuh orang, diantaranya satu di Unand , satu UNP dan di UIN lima orang,”papar Ben Zuheri. del