Paskibraka Kota Sawahlunto Ikuti Pembinaan Ideologi Pancasila dari BPIP

273

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Sawahlunto mengikuti pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila. Pelaksanaan kegiatan ini digelar secara daring oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparpora Kota Sawahlunto Ucak Hardian menyatakan pembekalan materi ini untuk para calon Paskibraka merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Paskibraka

“Ini merupakan tahun pertama dilaksanakan kegiatan pembekalan Pembina Ideologi Pancasila
bagi calon Paskibraka yang juga diikuti Paskibraka ditingkat Propinsi dan Nasional” kata Ucak Minggu (8/8/2021) Kepala Seksi Pemuda Disparpora Dino Ikhsan menambahkan 67 peserta.

Calon Paskibraka ini mendapatkan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk membangun karakter para calon Paskibraka sebagai agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari ini adalah test kemampuan atau ujian Pembinaan Ideologi Pancasila secara daring di SMUN 1 Sawahlunto yang terbagi dua sesi serta pembatasan jumlah peserta ditiap lokal sesuai protokol kesehatan covid-19,” sebut Doni. Setelah mengikuti kegiatan ini seluruh peserta kembali melaksanakan latihan rutin di Lapangan Ombilin kota ini.

“Sebelum pengukuhan Paskibraka, mereka akan menjalankan pemondokan atau karantina Desa Bahagia di SKB Sapan, guna persiapan pelaksanaan upacara 17 Agustus nanti” pungkasnya. Simamora