Sandiaga Uno Menteri Kemenparekraf Repeublik Indonesia Buka Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif  Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia

291

JURNAL SUMBAR | Padang – Kemenkeraf Badan  akan memfasilitasi serta melakukan pendampingan guna mendorong industri kreatif di Kota Padang dan Sumatera Barat.

Dirjen Ekonomi Kreatif menjelaskan, tahun ini Provinsi Sumatera Barat telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif Indonesia, di mana wilayah ini akan difasilitasi dalam pengembangan ekonomi kreatif nanti  akan memfasilitasi serta melakukan pendampingan guna mendorong industri kreatif di kabupaten kota.

“Kita tantang buat rencana strategis, kita bantu fasilitasi dan monitor . Termasuk dalam perdanya nanti gimana gerakan komunitas setempat,” Kata Sandii, Sabtu (29/8/2021).

Fasilitas yang diberikan berupa bantuan riset dan pendidikan, pendidikan untuk musik dan workshop, akses permodalan, infrastruktur hingga akses pemasaran baik.

“Kemudian hubungan antar wilayah dan lembaga misalnya untuk penguatan komunitas karena yang harus kuat basisnya komunitas. Termasuk untuk mencarikan gimana diberikan kemudahan bahkan regulasi yang menghambat itu kita bantu,”paparnya.

“Outputnya kita harapkan bisa berkontirubus ke (PDB) Produk Domestik Bruto, menciptakan tenaga kerja dan menumbukan ekonomi kreatif. Untuk menuju ke sana kita perlu dari pemda berkolaborasi dengan kota lain bahkan luar negeri,” pungkasnya.

Sementara itubWalikota Padang Hendri Septa berharap kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Salahuddin Sandiaga Uno ke Kota Padang dapat mendongkrak penjualan produk para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Padang.

Kepada Memparekraf Sandiaga Uno, Wako Hendri Septa melaporkan saat ini terdapat 34 ribu lebih UMKM di Kota Padang yang bergerak di sektor ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif yang saat sangat menonjol di Kota Padang saat ini adalah sub sektor kuliner yang mencapai 62,1 persen,” ungkap Hendri Septa dalam sambutannya dalam acara workshop yang dihelar KaTa Production bagi UMKM pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang, Minggu (29/8/2021) di Truntum Hotel.

Usaha ekonomi kreatif di Kota Padang, lanjut Hendri Septa, tersebar di 124 kelurahan yang tersebar 11 kecamatan. Khusus untuk sub sektor kuliner, terbanyak di Kecamatan Kuranji.
“Semoga, kunjungan Uda Menteri Sandiaga Uno di Kota Padang, dapat mensupport dan membangkitkan semangat para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk lebih meningkatkan usahanya,” harap Hendri Septa.

Sebelumnya, saat menyambut kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno di lobi Truntum Hotel, Wako Hendri Septa berkesempatan memasangkan deta ke kepala menteri. (EDI)