Bersama Wabup Iraddatillah, Bupati Sijunjung Hadiri Prosesi Berkaul Adat di Nagari Aie Angek

136

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si Bersama Wakil Bupati, H. Iraddatillah, S.Pt hadiri acara berkaul adat setelah panen padi yang dilaksanakan di Tompat Jorong Kapalo Koto, Nagari Aia Angek, Kecamatan Sijunjung pada Senin 29 November 2021.

Pada kesempatan itu, bupati juga didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ronaldi, Kepala Dinas PUPR, Ir. Budi Syafarman, Dinas Pendidikan diwakili Kabid Kebudayaan, Leni Delvia, Camat Sijunjung, Bobby Roespandi, AP, M.Si beserta forkopincam Kecamatan Sijunjung.

Ketua KAN Aia Angek, Siman Katib mengatakan kegiatan ini merupakan acara berkaul adat dengan membacakan doa setelah panen ke sawah yang dilaksanakan di lokasi Tompat ini.

“Kami selaku ketua KAN menyampaikan kepada masyarakat nagari aia angek untuk memulai kembali turun kesawah bersama sama agar panen nanti juga bersama dan hasilnya meningkat hendaknya”ujarnya.

Wali Nagari Aia Angek, Asrial dikesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah hadir secara bersama ke Aia Angek untuk menghadiri acara berkaul adat ini.

“Semoga dengan kehadiran bapak beserta rombongan ke Nagari Aia angek ini bisa membawa berkah bagi nagari kami hendaknya,”harap Asrial

Bupati Benny Dwifa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari, Niniak Mamak dan masyarakat Nagari Aia Angek atas undangan acara berkaul adat ini.

“Selaku kepala daerah, visi dan misi kami salah satunya adalah sektor pertanian. Dengan adanya acara berkaul adat paska panen padi ini kami berharap agar selalu berkembang hendaknya, dan kami berharap kegiatan ini jangan sampai hilang, lestarikan lah kegiatan ini hendaknya,”harap Benny.

Bupati Benny menyampaikan bahwa Pertanian menjadi prioritas saat ini di Kabupaten Sijunjung. “Untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Sijunjung ini, banyak program yg akan kita bagikan ke masyarakat agar dimasa pandemi ini kita tidak terlalu terdampak. Kedepan apa yag kita laksanakan ini akan menjadi keberkahan bagi daerah kita hendaknya,”harap Benny.andri