Dua Kafilah Sijunjung Maju ke Final, Satu Cabang ke Semifinal

610

Sekum LPTQ: Cabang lain Masih Menunggu Pengumuman Hasil dari Panitia

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kafilah MTQ Sijunjung terus berjuang memberikan hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung di ajang MTQ Nasional ke XXXIX Tingkat Provinsi Sumbar yang kini masih berlangsung di Kota Padang Panjang.

Hingga Selasa (16/11/2021) hampir semua kafilah sudah menampilkan yang terbaik pada sejumlah cabang yang diikuti.

Sedangkan untuk para kafilah yang sudah tampil masih menunggu hasil pengumuman panitia berdasarkan keputusan dewan juri untuk lolos atau tidaknya maju ke babak final. Namun, sudah ada tiga cabang yang diumumkan, dua diantaranya kafilah Kabupaten Sijunjung dinyatakan maju ke babak final.

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Sijunjung, Yoni Hendra, MA. Dijelaskannya, para kafilah yang maju ke babak final akan kembali tampil pada Rabu atau Kamis (17-18/11/2021).

Hasil babak penyisihan hanya menyisakan tiga peserta yang kemudian kembali tampil untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3 terbaik utusan kabupaten/kota.

“Dari sebelas cabang yang terdiri dari sejumlah kategori yang kita ikuti semuanya sudah ditampilkan hari ini. Sejauh ini baru 3 kategori diumumkan untuk lolos ke babak final dan semifinal. Alhamdulillah Sijunjung masuk ketiganya, dua masuk cabang masuk final dan satu masuk semifinal,” tutur Yoni Hendra, MA.

Sedangkan untuk hasil cabang lainnya masih menunggu pengumuman dari pihak panitia. “Yang lain masih menunggu, untuk final akan digelar pada Rabu dan Kamis mendatang. Pengumuman pemenang disampaikan pada Jumat (19/11) jelang penutupan MTQ,” terang Sekum LPTQ Sijunjung.

Tiga cabang yang sudah diumumkan untuk kafilah Sijunjung maju ke babak final dan semifinal diantaranya. Cabang Khat Hiasan Mushaf atas nama Waidis dan Tartil Dasar (PA) atas nama Adib Arja Pratama. Kemudian M2IQ Sijunjung masuk semifinal dengan menyisakan enam peserta atas nama Nabillah El Mumtaza.

“Beradasarkan evaluasi yang dilakukan bersama pelatih, pendamping dan official menyatakan penampilan para kafilah cukup memuaskan pada semua cabang. Kita tetap optimis hasil yang terbaik untuk Sijunjung. Meskipun nanti keputusan dewan jurilah yang menentukan hasilnya,” sebut Yoni Hendra.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakab Sijunjung Admiriska didampingi Kasubag Bina Mental dan Spiritual, Indra Yeni mengatakan, hingga kini tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan mengikuti MTQ Nasional Tingkat Sumbar yang berlangsung di Padang Panjang.

“InsyaAllah hingga kini tidak ada kendala yang berarti. Setiap kegiatan dilaksanakan dengan sukses dan lancar. Untuk kafilah, pendamping dan official juga dalam keadaan sehat. Semoga kegiatan kita sukses lancar dan mendapat hasil yang memuaskan hingga selesai dan kembali ke Sijunjung,” harapnya.

Untuk cabang yang telah ditampilkan pada Selasa (16/11/2021) sebanyak 10 cabang diantaranya Tilawah Anak-Anak oleh Alif Mulya Putra (PA) dan Difa Riani (PI). Tartil Dasar oleh Nadally Khair Azzahra (PI), Tartil Menengah oleh Diky Syafrianto dan kategori Umum Sylvia Rizki.

Cabang Qiraat Muratthal ditampilkan oleh Syafriwandi (PA) dan Norva Yuliani (PI). Cabang Hafiz 5 Juz Tilawah ditampilkan oleh Nasrullahi Qoribi, untuk Kitab Standar Putra dibawakan oleh Rehan Fadilah dan Qasidah dewasa oleh Yani.

Disamping itu, kunjungan perwakilan dari pemerintah daerah seperti Staf Ahli, OPD, kepala dinas dan Kepala BUMD dilingkungan Pemkab Sijunjung terus berdatangan mengunjungi kontingen dan kafilah untuk memberikan dukungan dan support.ndo