Demi Kelangsungan Ekonomi Rakyat, Kadis ESDM Sumbar Nyatakan Siap Bantu Pengurusan Perizinan

367

Kepala Dinas ESDM Sumbar, Heri Martinus; Dinas ESDM Sumbar tak akan pernah mempersulit dalam pengurusan. Tapi, karena itu aturan, semua perizinan satupintu dan izinnya dikeluarkan di Kementerian ESDM dan itu untuk perpanjangan. Bahkan terhitung 11 Desember 2020 lalu daerah masih bisa mengurus perpanjangan perizinan, namun sejak itu hingga kini perurusan peeizinannya berada di Kementerian.

JURNAL SUMBAR | Padang – Sejak diambil alihnya segala bentuk perizinan oleh Pemerintah Pusat, banyak kalangan pengusaha tambang di daerah kerepotan dalam pengurusan izin perpanjangan usahanya.

Meski sudah berbagai upaya dilakukan sejumlah pengusaha tambang, namun ada saja kendala. Padahal, usaha yang dilakoni para pengusaha tambang itu untuk layak hidup orang banyak.

“Regulasi perpindahan pengurusan izin itu sendiri kita tidak tahu. Setelah kita tanya ke pihak terkait di Sumbar perizinannya kini berada di Kementerian ESDM. Meski kita sudah merasa lengkap harus ada pula peryataan dari Ombudsman bahwa perusahaan kita tidak dalam masalah,”ujar sejumlah pengusaha tambang di Sumbar.

Untuk itu pula, Kepala Dinas ESDM Sumbar, Heri Martinus, menyatakan siap membantu mencarikan jalan keluarnya dalam pengurusan tambang.

“Dinas ESDM Sumbar tak akan pernah mempersulit dalam pengurusan. Tapi, karena itu aturan, semua perizinan satupintu dan izinnya dikeluarkan di Kementerian ESDM dan itu untuk perpanjangan. Bahkan terhitung 11 Desember 2020 lalu daerah masih bisa mengurus perpanjangan perizinan, namun sejak itu hingga kini perurusan peeizinannya berada di Kementerian,”ucap Heri, Sabtu (25/12/2021) via telepon selularnya.

Pada tahun 2022 mendatang, kata Heri, urusan perizinan Galian C dan Tambang Rakyat sudah bisa melalui provinsi.

Heri juga menyatakan siap membantu, dimana terbenturnya untuk perpanjangan. “Kita siap membantu jika dalam pengurusan izin perpanjangan terkendala, apalagi usaha yang dikelola menyangkut untuk hidup orang banyak,”tambah Kadis ESDM lagi menjawab Jurnalsumbar.Com belum lama ini.ius