Dinsos Pessel Ganti 51 E-Warung Penyaluran Bantuan Sosial Sembako

684

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal mengganti sebanyak 51 warung elektronik (E-Warung) yang menyalurkan bantuan sosial berupa sembako didaerah tersebut.

Kepala Dinas Sosial dan PPPA Pessel, Wendra Rovikto mengatakan, bahwa pihaknya dari Dinsos bakal mengganti 51 E-Warung yang ada di Pesisir Selatan.

Sebab menurutnya, 51 E-Warung tersebut, berdasarkan temuan dari tim Dinsos dilapangan bermasalah dan tidak sesuai dengan aturan yang telah di atur oleh kementerian sosial.

“Setelah dicek dan di survei kembali oleh Kabid kita di dinsos kelapangan dari 146 E-Warung yang ada, sebanyak 51 E-Warung itu bermasalah dan tidak sesuai dengan aturan penetapan E-Warung yang telah di atur oleh kementerian sosial,”katanya pada awak media, Senin (31/1/2022).

Dimana disampaikannya, terdapat berbagai macam yang tidak sesuai ditemuai di lapangan seperti, E-Warung yang tidak ada tokoh/kedainya, E-Warung yang dimiliki oleh oknum keluarga Walinagari dan perangkat nagari.

“Nah, tentu persoalan itu tidak sesuai dengan tujuan utama dari program E-Warung ini. Tujuannya, buka hanya pihak ketiga sebagi penyalur bantuan saja. Tetapi, E-Warung ini ditunjuk bertujuan untuk mengangkat atau menambah peluang bagi UMKM kecil,”ucapnya.

Lanjutnya, demi terealisasinya dengan baik program-program jaminan sosial bagi masyarakat ini, ia dari dinas sosial akan terus melakukan evaluasi terhadap E-Warung, mulai dari cara penyalurannya, bentuk sembako yang akan disalurkan serta kualitas sembakonya.

“Karena, sebelumnya sangat banyak laporan dari masyarakat terkait hal itu. Jadi, demi terwujudnya jaminan sosial yang telah diatur oleh Kemensos tersebut, kita akan terus melakukan evaluasi terhadap program sosial di Pessel, agar manfaat program sosial terealisasi dengan baik,”tutupnya.R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here