Guncangan Gempa Pasaman Barat Magnitudo 6,2 Terasa Hingga Sijunjung dan Sawahlunto

578

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gempa dengan magnitudo 5,2 dan 6,2 dikabarkan mengguncang Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (25/2/2022) pagi terasa hingga Sijunjung dan Sawahlunto.

Gempa tersebut bahkan terasa kuat hingga di sejumlah kawasan lain di Sumbar, seperti Kota Padang, Bukittinggi, dan Tanah Datar, Padangpanjang, Sawalunro dan Sijunjung.

Pantauan Jurnalsumnar.Com, masyarakat terlihat panik dan berhamburan keluar dari ruangan sekolah sekolah dan rumah rumah.

“Gempanya terasa kuat banget, anak-anak semua pada keluar dari ruangan kelas,”kata Kepsek SDIT Alam Talago Sawahlunto.

Hal yang sama juga dirasakan masyarakat Sijunjung. Hampir semua whatsapp grup menyampaikan info tentang guncangan gempa.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur.

“Gempa terjadi di 18 kilometer Timur Laut Pasbar dengan kedalaman 10 kilometer,” tulis BMKG dalam informasi resminya.

Sebelumnya, pada subuh hari, gempa bumi juga mengguncang Kabupaten Dharmasraya. Gempa yang diketahui memiliki magnitudo 3,1 tersebut termasuk kecil sehingga hampir tak dirasakan masyarakat di kabupaten paling timur di Sumbar tersebut.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Padang Panjang, Hamdy Arifin menjelaskan, gempa dengan kedalaman 60 hingga 300 kilometer masuk ke dalam kategori zona subduksi.

“Gempa zona subduksi berbeda dengan Sesar Sumatera yang cenderung memiliki kedalaman dangkal, di bawah 30 kilometer,” katanya beberapa waktu lalu. (*)