Jadikan Pusat Pembinaan Generasi Muda, Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid Ikhlas Asam Jao

140

JURNAL SUMBAR | Solok – Ibarat aur dengan tebing, keberadaan masjid menjadi bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat Minangkabau sejak dahulu kala. Keduanya memiliki hubungan yang erat karena masjid dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Hal ini mesti terus dirawat dan dijaga, khususnya untuk pembinaan generasi muda sebagai calon pemimpin di masa depan.

Demikian pesan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, saat memberikan sambutan peresmian Masjid Ikhlas Asam Jao, Subarang Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sabtu (5/2/2022). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh gubernur.

“Masjid dan Minangkabau itu menyatu, ibarat aur dengan tebing. Itulah habitat masyarakat Minangkabau. Keduanya punya hubungan yang erat. Anugerah ini harus kita syukuri, kita jaga dan rawat terus menerus untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan maayarakat,” ujar Buya Mahyeldi.

Gubernur juga memotivasi para generasi muda untuk terus giat belajar dan berprestasi khususnya bidang Alquran. Komitmen gubernur akan memberikan beasiswa melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah.

“Mudah-mudahan kehadiran Masjid Ikhlas bisa menghadirkan generasi-generasi muda berilmu dan berakhlak mulia,” lanjut Buya Mahyeldi.

Ketua Pengurus Masjid Ikhlas, Almito, sebelumnya menyampaikaikan terimakasih atas kesediaan gubernur meresmikan masjid yang dulunya mushala kayu tersebut. Selain pembangunan fisik masjid, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah program kajian tafsir dan tahsin Qur’an bagi jemaah. Termasuk sarana pendidkan MDA bagi anak-anak.

“Masjid ini dulunya mushala kayu yang kemudian dijadikan mushalla permanen yang peletakan batu pertamanya tahun 2003 oleh Bapak Gamawan Fauzi selaku bupati. Sekarang naik statusnya sebagai masjid dan diresmikan gubernur. Terimakasih pak gubernur. Selain bangun fisiknya, kami juga akan siapkan program-program kajian untuk mengisinya,” kata Almito.

Perwakilan Kemenag Kabupaten Solok, Fuadi Nawawi, menyebut, saat ini di Kabupaten Solok terdapat 335 masjid, dan Masjid Ikhlas Asam Jao adalah masjid ke 336 dan khusus di Kecamatan Kubung menjadi masjid yang ke-36.

Turut hadir dalam peresmian ini, Kepala Cabang Dinas III Provinsi Sumbar, Kapolsek Kubung, Camat Kubung, dan tokoh masyarakat.(doa/MMC). Dinas Kominfotik Sumbar