Dengan Bantuan  Baznas, Bupati Eka Rehab Rumah Ibu Gusnawati

1744

JURNAL SUMBAR | Batusngkar –  Peletakkan batu pertama pembangunan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Gusnawati di Jorong Koto Nagari Tepi Selo kecamatan Lintau Buo Utara, Senin(7/3) dilakukan bupati Tanah Datar, Eka Putra S.E.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra memberi apresiasi semangat gotong royong Baznas, Bank Nagari dan Bank Nagari Syariah telah melakukan program rehab rumah tidak layak huni merupakan kepedulian bersama.

Dikatakan bupati, seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang memiliki harta berlebih dapat menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya ke Baznas  Tanah Datar melalui Baznas Tanah Datar karena bisa dipercaya.Bantuan rehab rumah merupakan bukti Baznas dinilai aktif membantu masyarakat tidak mampu.

Bupati juga mengharapkan  keluarga ibu Gusniwati bersabar dan bertawak kepada Allah SWT.Kehidupan kita selalu mendapat bantuan  dari saudara sekitar kita.” Kita mengharapkan ibu Gusniwati lebih tenanng dan aman menempati rumah barunya nanti.

Eka mengingatkan masyarakat tidak meminjam uang  kepada rentenir soalnya pemerintah Tanah Datar sudah  bekerjasama dengan Bank Nagari guna mengantisipasi rentenir.Sebaik meminjam uang kepada Bank Nagari dengan bunga rendah.

Seterusnya, Ketua Baznas Yasmansyah menyebutkan tahun 2022, Baznas menganggarkan dana  RTLH untuk 42 orang,  tiga penerima  berada di kecamatan Lintau Buo Utara dengan dana keseleuruhan Rp 1,05 miliyar.Khusus dana bantuan untuk keluarga ibu Gusniwati berjumlah Rp 25 juta ditmbah bantuan lainnya, ucap imbuh Yasmansyah lagi.

Dalam memberikan bantuan, Baznas juga menyalurkan bantuan pendidikan bagi mahasiswa undangan, program jaminan kesehatan bagi pasie keluarga miskin Tanah Datar yang dirawat di RSUD MA Hanafiah Batusangkar dan RSUD Padang Panjang kota.

Aktivitas peletakam batu pertama dihadiri kepala dinas Perkim LH Nofi Hendri, Inspektur Tanah Datar Desi Rima, Kepala Dinas PUPR, Kepala Cabang Bank Nagari Fauzan Sony dan Bank Nagari Syariah Dewi,Camat Lintau Buo Utara Arif Gani,forkopimca, walinagari dan tokoh masyarakat serta  undangan lain – habede