Dihadiri Utusan Kab/Kota se-Sumbar, Bupati Benny Dwifa Yuswir Buka Musrenbang RKPD Sijunjung 2023

333

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada Senin (28/3/2022) digelar.

Musrebang RKPD yang dilaksanakan di Gedung Pancasila itu dibuka secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, dan dihadiri Wabup Sijunjung, H. Iraddatillah,S.Pt, Sekdakab Sijunjung, DR. Zefnihan, AP.M.Si, Wakil Ketua DPRD Syofyan Hendri, beserta Anggota DPRD Sasmi Ultriadi dan Hendranadi dari Fraksi Partai Perindo dan Ketua TP PKK Ny. Riri Benny Dwifa dan Ketua GOW Ny..Dona Irradatillah.

Selain dihadiri unsur Forkopimda, para pimpinan OPD, Musrenbang RKPD itu juga dihadiri utusan kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Bahkan Ketua KONI Sijunjung, Rusdianto dan Sekretaris KORMI dan unsur lainnya juga hadir.

Musrenbang RKPD itu diawali penyampaian laporan oleh Plt Kepala Bapppeda Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT, selaku panitia pelaksana kegiatan.

Disebut El, begitu sapaan akrab Dra. Yuni Elviza, MT, sebelum Musrenbang RKPD 2023 dilaksanakan, telah diawali dengan kegiatan Musrenbang Nagari/Desa oleh BPN (Badan Permusyarawatan Nagari) sejak September hingga Oktober 2021 lalu.

“Musrenbang Nagari/Desa tersebut salahsatunya menghasilkan usulan RKP Nagari sebanyak 3.824 usulan sesuai DURKP yang masuk dalam aplikasi SIPD. Setelah dilakukan verifikasi oleh tim, 59 persen atau sebanyak 2.254 usulan ditolak dan 41 persen usulan atau sebanyak 1.570 usulan diterima,”papar kandidat kuat Kepala Bapppeda Sijunjung itu.

Sedangkan Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan dilaksanakan oleh delapan kecamatan yang dilaksanakan pada 31 Januari 2022 lalu.

Para peserta Musrenbang RKPD

Dari hasil Musrenbang itu, sebut El, ada sebanyak 490 usulan prioritas yang akan dilaksanakan. Seperti, di Kamangbaru ada 74 usulan pada 10 PD (perangkat daerah), Sumpurkudus ada 76 usulan pada 11 PD, IV Nagari 52 usulan pada 11 PD, Lubuktarok ada 52 usulan pada 12 PD, Kupitan 39 usulan pada 11 PD, Tanjung Gadang 66 usulan pada 12 PD, Sijunjung 66 usulan pada 12 PD dan di Kecamatan KOTO VII ada 66 usulan di 13 PD.

Para peserta Musrenbang bahas RKPD

“Tujuan Musrenbang RKPD untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, indikator dan target kinerja serta lokasi. Menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi. Tujuan lainnya, melakukan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kefiatan nagari yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan,”papar Plt Kepala Bapppeda Sijunjung dihadapan para peserta Musrenbang RKPD.

Ditambahkannya, ada target indikator makro yang akan dicapai pada tahun 2023, yakni pertumbuhan ekonomi 4,50%, PDRB Per Kapita Rp44,92 juta, tingkat kemiskinan 6,43%, IPM 68,57 POIN, tingkat pengangguran terbuka 3,56% dan.Indeks GINI 0,25.

Usai kegiatan pimpinan dan staf Bapppeda foto bersama

Ketua DPRD Sijunjung diwakili Wakil Ketua H. Syofyan Hendri, menyebutkan, Musrenbang merupakan salahsatu kegiatan yang sangat penting bagi Pemda guna merumuskan rencana pembangunan kedepan.

Waki Ketua DPRD Sijunjung, H. Syofyan Hendri

“Tujuan dari pelaksanaan Musrenbang sebagai penajaman, penyelaradan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan tujuan, sasaran, stategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RKPD”.

“Nah, untuk itu para peserta agar bisa mencurahkan segenap pemikiran dan ide ide kreatifnya selama kegiatan berlangsung. Kita tentu berharap kegiatan ini bisa mengkokohkan kolaborasi antara Pemda dengan seluruh pemangku kepentingan sehingga dapat melahirkan solusi dan mampu melahirkan perencanaan yang lebih kreatif, sinergis dan tepat sasaran,”ucap Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS itu.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, .M.Si, menyampaikan berbagai hal dalam Musrenbang RKPD tahun 2023 itu. Lengkapnya simak video diatas. ius