Doa Bersama di Jorong Timbulun Patah Nagari Tanjung Gadang Dihadiri Wabup Sijunjung

169

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka memasuki bulan suci ramadhan 1443 H, masyarakat Jorong Timbulun Patah, Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Sijunjung menggelar doa bersama di Balai-balai Pemuda Jorong Timbulun Patah, Senin (21/3/22).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah dan didampingi Kepala Dinas PMN, Khamsiardi, Kepala Dinas Pertanian, Ronaldi, Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Usman Gumanti dan Plt. Kadis Nakertrans, Sugeng serta Camat Tanjung Gadang, Evan Emil.

Dalam arahannya, Wabup Iraddatillah mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan masyarakat Jorong Timbulun Patah.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik, apalagi beberapa minggu lagi akan memasuki bulan suci ramadhan, disinilah tempatnya kita bersilaturahim dan saling bermaaf-maafan antar sesama umat beragama,” ujarnya.

Dikatakan Wabup, barang siapa yang bergembira ria dalam menyambut bulan suci ramadhan maka akan diharamkan jasadnya dari api neraka.

“Mari kita sambut bulan yang penuh berkah ini dengan hati senang dan siapkan diri kita dalam menyonsong bulan ramadhan dengan hati yang tulus agar kita termasuk dalam golongan yang mendapatkan keberkahanNya,” harap Iraddatillah.

Selain itu sebut Wabup, Covid-19 belum hilang. Untuk itu, dalam menjalani ibadah puasa dan shalat tarwih nantinya agar selalu menerapkan protokol kesehatan. “Mari kita jaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Sehingga tidak adalagi masyakat sijunjung yang terkena virus covid-19,” tukas Wabup.

Sementara, Wali Nagari Tanjung Gadang, Prima Randu mengucapkan selamat datang kepada Wabup dan rombongan. “Terima kasih pak Iraddatillah yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam pelaksanaan doa bersama dalam memasuki bulan suci ramadhan,” ucapnya.

Dikatakannya, di Nagari Tanjung Gadang terdapat sembilan jorong terdiri dari Jorong Guguk Nane, Kayu Gadih, Koto Baru, Koto Ranah, Mudih Malik, Pandam, Pasar Tanjung Gadang, Sungai Napar dan Timbulun Patah. “Alhamdulillah kepala jorong dan TU jorong untuk sembilan jorong hadir dalam kesempatan ini,” jelasnya.

Kegiatan doa bersama itu, menurut Wali Nagari Tanjung Gadang, sudah menjadi kegiatan rutinitas setiap tahunnya. “Doa bersama ini kita gelar setiap tahun akan memasuki bulan ramadhan dan bertepatan dengan telah selesainya panen padi di Jorong Timbulun Patah, ini juga bentuk wujud syukur kita kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua,” ungkapnya.

Kemudian, Kepala Jorong Timbulun Patah, Zainal mengatakan terlaksananya kegiatan itu adalah karena kebersamaan dan solidaritas seluruh tokoh dan masyarakat di Jorong Timbulun Patah.

“Kita sudah melakukan musyawarah bersama ninik mamak dan pemuka masyarakat, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan,” katanya.

Disebutkan Zainal, dalam kesepakatan bersama setiap KK memberikan sumbangan Rp. 20.000,-. Tidak hanya itu, selain dana sumbangan perKK, juga didapatkan sumbangan dari para donatur.

“Alhamdulillah dari dana tersebut kita dapat melaksanakan doa bersama ini dengan makan bersama-sama di balai-balai pemuda, mudah-mudahan kebersamaan ini tetap terjalin kedepannya,” tutup Zainal.dicko)l