Kwarcab Gerakan Pramuka 0303 Sijunjung Bangun Belasan Huntara di Pasaman dan Pasbar

187

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0303 Sijunjung membangun Hunian Sementara (Huntara) untuk korban gempa bumi yang melanda Pasaman dan Pasaman Barat pada tanggal 25 Februari 2022 silam. Huntara itu dibangun di Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat dan Nagari Malampa Kabupaten Pasaman.

Pembangunan Huntara tersebut merupakan bentuk kepedulian Kwarcab 0303 Sijunjung terhadap korban gempa yang melanda dua Kabupaten di Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwarcab 0303 Sijunjung, Iraddatillah yang juga selaku Wakil Bupati mengatakan pembangunan Huntara itu sebagai bentuk kepedulian Pramuka terhadap sesema umat dan sumber dananya dari para donasi yang dikumpulkan Kwarcab 0303 Sijunjung.

“Ini merupakan wujud kepedulian keluarga besar Kwarcab 0303 Sijunjung terhadap korban gempa Pasaman dan Pasbar yang saat ini masih tinggal ditenda-tenda pengungsian, penderitaan yang dirasakan para korban merupakan duka kita semua,” ungkap Kakwarcab 0303 Sijunjung kepada Media, Sabtu (19/3/2022).

Adapun jumlah Huntara yang dibangun ini, kata Wabup sebanyak 15 unit, delapan unit di Nagari Kajai Pasaman Barat dan tujuh unit di Nagari Malampa Pasaman.

Disebutkan Iraddatillah, pihaknya juga memberikan bantuan beras sebanyak 900Kg dan 15 karung pakaian layak pakai.

“Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan ini bermanfaat bagi penerima dan bisa meringankan beban dalam rumah tangga korban gempa,” harapnya.

Kemudian, Kakwarcab 0303 Sijunjung juga mengajak warga terdampak musibah gempa agar selalu berdoa dan berusaha supaya dapat membangkitkan perekonomian kembali.

“Bencana ini kita tidak tahu kapan dan dimana terjadi, untuk itu, mari kita banyak berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari wabah dan bencana,” tukasnya.

Sementara, Kamabicab Pramuka Pasbar selaku Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada Kwarcab 0303 Sijunjung yang telah peduli terhadap masyarakat di Nagari Kajai Pasbar.

“Terima yang tak terhingga kepada Pramuka Peduli dari Kwarcab Sijunjung, semoga bangunan Huntara ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat di Pasbar maupun Pasaman,” ujarnya.

Ia mengakui sejak gempa melanda Pasaman dan Pasbar ribuan warga terdampak kesusahan mencari tempat tinggal, sebab, rumah-rumah warga hancur akibat bencana tersebut.

“Sampai saat ini para korban masih membutuhkan uluran tangan kita semua, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan dan idul fitri,” jelasnya.

Ia berharap, semoga kondisi dan cobaan ini dapat dihadapi dan dilalui dengan ikhlas.

“Pemda Pasbar tidak punya kemampuan apa-apa dalam menyikapi permasalahan berkaitan dengan gempa bumi. Dengan kebersamaan yang terjalin, baik masyarakat didalam maupun diluar Sumbar secara nasional, Pemda Pasbar tentu sangat terbantu,” pungkasnya. (Dicko)