Diusia ke-74, Pessel Sumbar Akan Lebih Maju dan Berkembang

156

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) genap berusia 74 Tahun pada Kamis 14 April 2022. Dengan usia tersebut, diharapkan Pesisir Selatan akan semakin maju dan berkembang.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Pesisir Selatan hari ini diperingati dengan digelarnya Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di gedung Painan Convention Center (PCC), Kamis (14/4/2022).

Rapat paripurna yang berjalan penuh khidmat ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, didampingi tiga orang wakil ketua, Hakimin, Jamalus Yatim, dan Aprial Habas.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Bupati Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati Rudi Hariyansyah. Para anggota DPR, Forkopimda, sejumlah kepala daerah, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan undangan lainnya.

Ermizen dalam kesempatan itu menyatakan, HJK Pesisir Selatan merupakan hari bersejarah. Peringatan HJK merupakan wujud rasa syukur, dan tentunya momentum untuk melakukan instropeksi dan evaluasi tentang sejauhmana pelaksanaan pembangunan yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Melakukan evaluasi yaitu mengisi masa sekarang dengan membangun kabupaten yang lebih baik, mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, momentum HJK ini, hendaknya dapat membangun tekad bersama untuk Pesisir Selatan yang lebih maju ke depan. Mari kita optimalkan segenap potensi yang ada dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Peringatan HJK bukan hanya sekedar eforia, tapi jauh lebih penting adalah memaknai filosofi yaitu ‘jangan tanyakan apa yang diberikan Kabupaten Pesisir Selatan kepada kita, tetapi tanyakan apa yang telah kita berikan untuk Kabupaten Pesisir Selatan ini'”, tuturnya.

Selanjutnya, dengan memperingati HJK dapat meningkatkan kecintaan kepada daerah kabupaten, dan berupaya mewujudkan kemajuan Pesisir Selatan.

“Melalui peringatan HJK ini sekaligus mengenang kembali masa lalu tentang apa saja yang telah diperbuat untuk daerah. Kemudian menatap masa depan dengan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kemajuan Pessel, meminimalisir segala kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,” harapnya.

Dikatakan, Pessel memiliki potensi yang besar seperti di sektor pertanian, kelautan dan perikanan, perkebunan dan pariwisata. Sekaitan itu diharapkan kepada Bupati dan Wakil Bupati supaya dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik baiknya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akutabel dan profesional.

“Dalam menjalankan roda pemerintahan terlihat ada yang menggembirakan, namun jangan sampai terlena dengan keberhasilan yang diraih, akan tetapi teruslah melakukan instropeksi dan evaluasi pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,” harapnya.

Selanjutnya Bupati Rusma Yul Anwar dalam pidatonya menyampaikan, bahwa memperingati HJK bukan hanya seremonial belaka, akan tetapi bagaimana memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Peringatan HJK menjadi pedoman untuk menyatukan visi serta meningkatkan peran semua pihak untuk pelaksanaan pembangunan. Kemudian memaksimalkan pembangunan Kabupaten Pesisir Selatan ke depan, meskipun daerah masih dihadapkan dengan berbagai keterbatasan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy berharap melalui momentum peringatan HJK ini dapat menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana membangkitkan berbagai sektor, mewujudkan pembangunan yang merata, memacu pengembangan potensi sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, berupaya melakukan inovasi di semua bidang dan lainnya,” tuturnya.rd