Hindari Lakalantas, Peminta Sumbangan di Jalinsum Ditertibkan Polisi Sijunjung

361

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam upaya mengantisipasi terjadinya insiden, kecelakaan lalulintas (lakalantas) serta menciptakan arus lalulintas tertib lancar jelang Lebaran Idul Fitri 1443 H, Jajaran Polsek Sijunjung tertibkan aktivitas warga minta sumbangan di Jalinsum Sijunjung, Jumat (29/4/2022).

Ketentuan tersebut termasuk untuk peminta sumbangan pembangunan rumah ibadah, serta berbagai fasilitas umum, maupun untuk kegiatan acara.

Kapolsek Sijunjung Iptu Yusmedi menyatakan, proses penertiban terpaksa dilakukan mengingat arus lalu lintas terpantau meningkat tajam, terutama dari arah Kiliranjao – Muarokalaban dan sebaliknya. Pemudik kita sudah mulai berdatangan, kendaraan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sudah bersiliweran.

Demi untuk memberikan rasa aman bagi segenap pengguna jalan terhadap segala hal yang berpotensi mengganggu atau mencelakai. Terpaksa jajaran Polsek Sijunjung turun ke lapangan
“Kami harus melakukan sterilisasi ruas Jalinsum Sijunjung. Seiring Operasi Ketupat 2022.

Tujuannya untuk menciptakan arus lalu lintas tertib lancar, mengantisiasi kecelakaan antara pengendara dengan warga peminta sumbangan di tengah jalan, tersebut,” tegas Kapolsek.

Sebagaimana diketahui, kendaraan yang melaju dalam kecepatan tinggi terkadang tidak mewaspadai adanya aktivitas minta sumbangan, hingga bisa berujung insiden, tabrakan. Berdasar pantauan lokasi penyetopan justeru dilakukan di sejumlah titik rawan, dan tanpa adanya rambu-rambu tanda peringatan sesuai SOP.

Berkat kerja sama dengan berbagai unsur dalam nagari, kegiatan penertiban warga peminta sumbangan oleh Polsek Sijunjung pun berjalan kondusif, tertib.

Ada lima titik yang bisa disterilkan Polsek Sijunjung meliputi; Jalinsum Jorong Samiek Nagari Kandangbaru, Jalinsum Batas Tanjunggadang Jorong Gantiang Nagari Sijunjung, Jalinsum Depan Kantor KIR Jorong Gantiang Nagari Sijunjung, Jalinsum Simpang Tanahbadantuang Jorong Gantiang Nagari Sijunjung, serta jalan umum Simpang Tanah Badantuang Jorong Ganting Nagari Sijunjung.rilis