Diklat Awal Masa Jabatan Walinagari dan Kepala Desa Periode 2021-2027 Berakhir, Ini Pesan Wabup Sijunjung

252

JURNAL SUMBAR | Lampung – Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, H. Iradatillah, S.Pt, menutup kegiatan Diklat Awal Masa Jabatan Walinagari dan Kepala Desa periode 2021-2027 di Balai Pemerintah Desa Kemendagri Lampung, Jumat (27/5/2922) sore.

Sebelum menyampaikan kata sambutan Wabup Iradatillah, dihadapan Kepala Balai Diklat Pemdes Kemendagri Lampung, Irsan,SH.,M.Si.P.hD dan Kepala DPMN Kabupaten Sijunjung Khamsiardi, S.STP., M.Si  mengajak para Walinagari dan Kepala Desa untuk berdoa serta membacakan surah Al-fatihah buat Almarhum Buya Syafii Maarif yang baru saja meninggal dunia, Jumat itu.

Dalam kata sambutannya, Wabup mengatakan, dalam kesempatan yang itu, ua mengucapkan terimakasih kepada Kepala Balai Pemdes Kemendagri Lampung serta seluruh jajarannya.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Sijunjung mengucapkan terimakasih kepada Kepala Balai Pemdes Kemendagri Lampung serta seluruh jajarannya, dengan harapan kerjasama yang telah terjalin antara Pemerintah Daerah Sijunjung dengan Balai Pemerintah Desa Kemendagri Lampung agar dapat ditingkatkan, serta Kabupaten Sijunjung dapat diperioritaskan dalam pelatihan pelatihan yang bersumber dari APBN,”kata Wabup Sijunjung.

“Kami juga ucapan terimakasih kepada seluruh Narasumber yang telah memberikan ilmu, materi pelatihan dan pendampingan pada Wali Nagari dan Kepala Desa yang mengikuti Diklat ini selama 5 hari atau efektif 50 jam,”ucapnya. 

“Diklat Awal Masa Jabatan pada dasarnya bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Walinagari dan Kepala Desa, sehingga nanti mampu melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik dan benar”. 

“Mengetahui dan menguasai regulasi atau aturan terkait dengan tugas Walinagari/Kepala Desa dalam mengambil keputusan, sehingga diharapkan setelah Diklat ini para wali nagari dan kepala desa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari Nara sumber dalam memimpin nagari dengan baik sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku serta dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya masing-masing,”tambah wabup lagi.

Walinagari Kampung Dalam, Lishardi

Walinagari Kampung Dalam, Lishardi dapat kepercayaan menyampaikan kesan dan pesan dari peserta Diklat yang pada intinya Lishardi menyampaikan rasa bangganya atas adanya diklat itu.

“Kami benar-benar merasakan banyak manfaat dari seluruh rangkaian kegiatan Diklat yang diikuti sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas Walinagari dan Kepala Desa,”akunya.

Kepala DPMN Kabupaten Sijunjung Khamsiardi, S.STP., M.Si,

Kepala DPMN Kabupaten Sijunjung Khamsiardi, S.STP., M.Si, mengatakan bahwa kegiatan Diklat Awal Masa Jabatan Walinagari dan Kepala Desa itu diikuti 16 Walinagari dan satu orang Kepala Desa dengan jumlah peserta keseluruhan 17 orang pada periode 2021-2027  se- Kabupaten Sijunjung.ril/*