Dua Rumah dan Satu Mobil Beserta Bengkel Milik Warga di Mangganti Sumpurkudus Sijunjung Ludes Terbakar

360

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam suasana lebaran idul fitri, dua unit rumah dan satu nobil froza dan bengkel beserta peralatan, milik warga di Nagari Mangganti, Kecamatan Sumpurkudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, ludes terbakar.

Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Jumat (6/5/2022) dipemukiman padat penduduk. Berikut laporan kontributor Jurnalsumnar.Com, Beni dari Mangganti Sumpurkudus.

 

Apa penyebab kebakaran tersebut hingga kini belum diketahui secara jelas. Namun, dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut dipicu arus pendek.

Informasi yang diperoleh dari salah satu korban, Rizal Falepi, 48 tahun, menyebutkan, api tiba-tiba membesar dan tidak bisa dikendakikan. “Kami hanya bisa memadamkan api dengan alat seadanya, makanya api melebar dan menjalar ke rumah sebelah serta mobil dan peralatan di dalam bengkel ludes terbakar. Sehingga tak satupun yang bisa diselamatkan kecuali baju yang terpakai dibadan,”keluh korban.

https://youtube.com/shorts/n5XH0TQeozg?feature=share

Setengah jam kemudian barulah mobil pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Kabupaten Sijunjung tiba dilokasi lantaran jarak yang ditempuh sangat jauh.

Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan kelokasi kabakaran. Setelah bajibaku petugas kebakaran, barulah sekitar satu setangah jam api bisa dijinakan. Meski begitu, yang tersisa hanya puing-puing bangunan yang ludes dimamah sijago merah.

https://youtube.com/shorts/1NjIQeap84Q?feature=share

Tak ada korban jiwa atas kebakaran tersebut, namun kerugian matrial mencapai ratusan juta rupaih.

Wabup Sijunjung Iradatillah

Wabup Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt, kepada Jurnalsumbar.Com, Jumat (6/5/2022) malam membenarkan. “Yaa, telah terjadi kebakaran di Mangganti. Memang agak susah mobil Damkar masuk kelokasi,”kata Wabup.ben/*