Mulai Selasa, FKSS Akan Lakukan Pembinaan di 25 Pokja Nagari di Kabupaten Sijunjung, Ini Jadwalnya

198

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kalau tidak ada aral melintang, rencananya, secara marathon Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS) akan melakukan pembinaan terhadap kepengurusan forum peduli kelompok kerja (Pokja) di nagari-nagari dalam Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan surat keputusan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung, tertanggal 12 Mei 2022 dengan nomor surat: 917/FKSS/V/2022, perihal pembinaan Forum Pokja Nagari Sehat se-Kabupaten Sijunjung.

Hal itupun dibenarkan Ketua FKSS Fajar Setrian, SE, didampingi Wakil Ketua H. Amrizal dan Drs. H. Khairuddin pada Jurnalsumbar.Com, Minggu (15/5/2022).

“Yaa.., sesuai surat tugas pak sekda, Tim FKSS akan melakukan pembinaan terhadap kepengurusan forum peduli pokja nagari. Tujuannya, untuk mewujudkan nagari sehat dan meningkatkan kapasitas kepengurusan forum peduli pokja nagari sehat,”papar Fajar yang juga anggota Tim Penilai Inovasi Pelayanan Publik tingkat Kabupaten Sijunjung itu.

“Nah, untuk itulah Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS) akan mengadakan kegiatan pembinaan pada pokja-pokja nagari sehat yang akan dilaksanakan di masing-masing nagari,”papar Fajar lagi.

Ditambahkan Fajar, untuk kali ini, Tim FKSS akan menyambangi 25 nagari. Kegiatan tersebut dimulai pada Selasa 17 Mei dan berakhir hingga Kamis 9 Juni 2022 mendatang.

Pembinaan yang dilakukan Tim FKSS itu terdiri dari tiga tim. Untuk tim satu diketuai Fajar Setrian,SE dan dilengkapi beberapa anggota, tim dua diketuai H. Amrizal juga didampingi sejumlah anggota di sekretariat FKSS dan tim tiganya dikomandani Drs.H. Khairuddin juga didampingi anggota Tim FKSS.

Lebih lanjut dipaparkan Fajar, kegiatan yang dilakukan itu dalam upaya menggerakkan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembanguanan berwawasan kesehatan, serta memberdayakan masyarakat untuk ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Fajar Setrian,SE, Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat

“Yang terpenting lagi, membangun kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap peningkatan derajat kesehatan perorangan dan masyarakat, serta mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. Memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat, dan lingkungan,”terang Fajar mengurai secara terang benderang.

“Yang terpenting lagi, bisa menjalin kemitraan dengan lintas program dan lintas sektor serta meningkatkan dan mengembangkan penggalangan kemitraan dengan stakeholder dengan melibatkan unsur masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan kemampuan untuk hidup bersih dan sehat,”harap Fajar.

“Dan tak kalah pentingnya, yakni mendorong pemangku kebijakan untuk mendukung pembangunan berwawasan hidup bersih dan sehat serta memberi informasi akurat pendukung pengambil kebijakan publik. Nah, inilah harapan dari kita sebagai pengurus FKSS,”imbuh Fajar berharap semua OPD mendukung kegiatan yang dijalani FKSS.

Lengkapnya simak tabel diatas nagari-nagari yang akan dikunjungi FKSS. ius