Diikuti 75 Peserta, Inilah Sang Juara Festival Lagu Minang 2022 KU 14-27 Tahun

326

JURNAL SUMBAR | Padang – Para peraih juara Festival Lagu Minang 2022 Kelompok Umur 14-27 Tahun telah diumumkan. Penganugerahannya diberikan secara langsung usai babak final di Taman Budaya, Padang-Sumbar dan disaksikan Ketua DPRD Sumbar, Supardi serta Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Saifullah dan Ketua Umum DPW PAPPRI Sumbar, Husin Daruhan, Ahad (26/6/2022) malam.

Ajang yang diikuti 75-an penyanyi Minang berbakat ini digelar Dinas Kebudayaan Sumbar bekerjasama dengan DPW PAPPRI Sumbar, yang diinisiasi Supardi melalui Dana Pokirnya berlangsung sukses dan lancar.

“Peserta yang masuk ke babak final sebanya 10 finalis untuk putra 5 dan putru 5 finalis,” tutur Sexri Budiman, Ketua Panitia FLM 2022 KU 14-27 Tahun.

Usai babak final di Taman Budaya itu, para dewan juri yakni Kardi Tanjung, Nover T dan Tusriadi rapat penjurian ditempat yang telah disediakan panitia. Semua finalis yang berhasil lolos ke babak final mendapat hadiah, yang telah dialokasikan panitia totalnya Rp30 Juta.

Sexri Budiman mengatakan, setiap finalis adalah harapan kebangkitan musik Minang di dunia blantikan musik nusantara.”Semua finalis berkesempatan mendapat trophy dan hadiah uang pembinaan!. Selamat untuk semua finalis yang telah bertarung dengan luar biasa selama Audisi, babak semifinal hingga final. Semoga ini bisa menjadi awal dari sebuah perjalanan hebat di masa mendatang,” tuturnya.

Ketua DPW PAPPRI Sumbar, Husin Daruhan berharap, semoga FLM KU 14-27 tetap dilaksanakan setiap tahunnya. Sebab, kegiatan ini dipastikan akan mendapat dukungan secara luas dari masyarakat.

“FLM KU-14-27 adalah festival menjadi ajang pertemuan penyanyi Minang untuk unjuk kebolehan dan berlomba bersama. Yang juara tetap rendah hati dan meningkatkan disiplin serta yang belum berhasil menjadi pemuncak tetap tersenyum gembira,” tutur Husin Daruhan yang akrab disapa Datuak Husin ini.

Husin Daruhan yang juga pencipta lagu itu menyampaikan apresiasiasi terhadap semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan FLM 2022 ini.

Selain mewajikan lagu Paik di Pangka Mani di Ujuang ciptaan Husin Daruhan untuk kategori putra dan putri peserta juga menyanyikan lagu wajib lainnya Biso Indak Mangasan ciptaan Sexri Budiman.

Berikut para juara yang dibacakan satu persatu oleh Dewan Juri dan Kadis Kebudayaan Saifullah dan Kepala UPTD Taman Budaya Fauzan.

Kategori Putra

Juara 1 Aditia Rahman (Payakumbuh)
juara 2 Dendy Alseptayendo (Padang Pariaman
Juara 3 Jodi Setiawan (Bukittinggi)
Harapan 1 Rahadi Algamar (Padang)
Harapan 2 Fathur Rahman (Sijunjung)

Kategori Putri

Juara 1 Sutera Dipha Ferdinand (Bukittinggi)
juara 2 Adella Salsabilla (Bukittinggi)
Juara 3 Syafiatul Husnil (Kota Pariaman)
Harapan 1 Adela Syifa Ferdinan (Bukittinggi)
Harapan 2 Suchi Aprilyeni (Kabupaten Solok)
(*/Agusmardi)