80 Orang Mahasiswa UNAND KKN di Sawahlunto

646

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – 80 orang mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) Padang, Sumatra barat, ikuti kegiatan Kuliah kerja Nyata (KKN) di Kota Sawahlunto yang di antar langsung Ketua rombongan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Andalas, Azwar MS.I yang diterima langsung Walikota Sawahlunto yang di wakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Perlindungan anak Kota Sawahlunto Efriyanto di ruang rapat Balai kota Sawahlunto.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinsos PMD PPA kota Sawahlunto Efriyanto mengatakan,pemerintah menyampaikan terimakasih dan apresiasi kehadiran mahaisswa KKN, pemerintah begitu antusian menyambut siswa KKN ini.

Disampaikan juga, Kegiaatan KKN ini sesuatu yang sangat dirindukan setelah 2 tahun tidak dapat menghadirkan mahasiswa KKN ditengah tengah masyarakat karena terkendala Covid 19. Untuk itu melalui Pelaksanaan KKN ini diminta kepada camat dan kepala desa Kehadiran Mahasiswa KKN ini dapat disambut dan diapresiasi dengan baik , “ dan melalui kegiatan KKN ini bisa kita manfaatkan untuk berkolaborasi dengan Program kampus berjalan dan pencapaian percepatan Pembangunan Desapun dapat terbantu dengan kehadiran adek adek KKN ini “ tuturnya.

Sementara dalam arahannya, ketua rombongan Dr. Azwar,MS.I mengatakan, terima kasih kepada pemerintah kota sawahlunto yang telah bersedia menerima mahasiswanya untuk melaksnakan KKN di Kota sawahlunto ini .

“kegiatan KKN yang sempat terhenti selama dua tahun karena pandemic covid 19, untuk KKN dilapangan emang ditiadakan, namun KKN Offline tetap berjalan kata Azwar ” .

Pelaksanaan KKN ini diikuti sebanyak 80 orang mahasiswa dari berbagai prodi di Universiras Andalas yang tersebar di 3 Kecamatan, untuk kecamatan Barangin ada 27 orang, Kecamtan Lembah Segar ada 26 dan Kecamatan Talawi ada 28 orang .KKN dimulai pada hari ini senin 25 juli hingga 27 Agustus 2022 mendatang. Tujuan dari KKN itu sendiri adalah dalam rangka menanamkan rasa empati mahasiswa terhadap kondisi lingkungan dengan artian agar mahaiswa ini juga mampu melihat persoalan persoalan di tengah masyarkat. selain itu untuk menintegrasikan ilmu ilmu yang berbeda beda menjadi sebuah kegiatan (team Work) dalam membangun sebuah kegiatan bersifat Interdisipliner” artinya bagaimana mahasiswa di desa tersebut bekerja rutin mampu membuat sebuah program kerja yang mampu bermanfaat bagi masyakrat desa itu sendiri’ paparnya.

Azwar berharap, melalui KKN dapat menumbuhkan agar mahasiswa tersebut bisa mengakselerasikan dalam mempercepat pembangunan di desa itu melalui kebutuhan yang dibutuhkan oleh Desa.

Kegiatan ini juga di hadiri 3 camat yang akan menjadi lokasi Pusat Pelaksanaan KKN mahasiswa Universitas Andalas tersebut, Yakini Camat Kecamtan barangin, Subandi Arpan, Camat Talawi, Zamril Firdaus, dan Camat Lembah segar dan juga dihadiri oleh 3 Kepala desa, Kepala Desa Santur, Talawi Hilie dan Lunto Barat. (YOA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here