Gubernur Sumbar Salurkan Bantuan Sapi Qurban Presiden RI Seberat 864 Kilogram

508

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menyerahkan bantuan hewan qurban dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Badan Usaha Milik Daerah, serta bantuan sapi qurban dari Presiden RI tahun 2022, usai shalat jumat di Masjid Raya Sumbar, Jumat (8/7/2022).

Total bantuan hewan qurban yang disalurkan berjumlah 52 ekor. Terdiri dari 46 ekor qurban dari 182 orang ASN yang terdiri dari sapi dan kerbau. Kemudian dari Balairung dan Bank Nagari, masing-masing 1 ekor sapi, 2 ekor sapi dari Jamkrida, 1 ekor sapi dari Presiden RI Seberat 864 Kilogram, dan satu ekor sapi dari Gubernur Mahyeldi. Selain itu juga ada tambahan 2 ekor kambing.

Bantuan hewan qurban tersebut diserahkan secara simbolis oleh gubernur kepada masing-masing penerimanya. Untuk sapi dari presiden diserahkan kepada Bupati Pasaman yang diwakili Asisten I Setda Pasaman Dedi Syah Ismail.

Sapi ini menurut Buya Mahyeldi, secara khusus akan dilakukan penyelenggaraan qurbannya di Malampah, lokasi gempa beberapa bulan lalu.

Sedangkan untuk Pasaman Barat, diserahkan sapi sebanyak 5 ekor sebagai pengimbang sapi presiden yang diberikan kepada Kabupaten Pasaman. Sapi untuk Pasaman Barat diterima oleh Kadis Pertanian Pasbar, Hasrizal.

Sementara hewan qurban lainnya dibagikan diantaranya kepada Masjid Raya Sumbar, kabupaten dan kota serta masjid dan mushalla lainnya yang dinilai minus hewan qurban.

“Terimakasih Kepada OPD dan BUMD yang telah mengorganisir karyawannya sebagai peserta qurban. Alhamdulillah tahun ini 52 ekor sapi 2 ekor kambing, 1 ekor sapi qurban bantuan presiden, 864kg.

Dari 52 itu, 46 diantaranya dari ASN, akan kita sebar ke daerah-daerah yang minus, diantaranya yang akan kita kunjungi adalah Nagari Galugua, di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar gubernur.

“Mudah-mudahan tahun berikutnya bisa terus bertambah. Sehingga makin banyak mushala dan masjid yang bisa dibantu,” tambah gubernur.

Hadir mendampingi gubernur dalam penyerahan hewan qurban secara simbolis, Sekdaprov Sumbar, Hansastri, Kabiro Kesra Irsyad, Kabiro Adpim Maifrizon. Tampak hadir juga Dirut Bank Nagari M Irsyad dan pimpinan Jamkrida.(doa/MMC) Dinas Kominfotik Sumbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here