Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia U-19 “Bantai” Brunei Darussalam 7-0

690

Foto.Ist/antara

JURNAL SUMBAR | Bekasi – Timnas Indonesia U-19 menang telak atas Brunei Darussalam U-19 di laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022. Garuda Nusantara menang 7-0.

Bertanding di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022), Indonesia main tanpa ampun melawan Brunei.

Dominasi total diperlihatkan pasukan Shin Tae-yong. Baru dua menit laga berjalan, Hokky Caraka bisa membawa Indonesia unggul. Memanfaatkan umpan Kakang Rudiyanto, striker Indonesia itu bisa membobol gawang Brunei.

Gol kedua datang pada menit ke-11. Kali ini Ronaldo Kwateh yang menjebol gawang Brunei. Skor menjadi 2-0. Tiga menit berselang, Hokky kembali menjauhkan keunggulan Indonesia. Golnya di depan gawang, memanfaatkan kemelut, membuat tuan rumah memimpin 3-0.

Pada menit ke-19, Arkhan bisa ikutan mencatatkan namanya di papan skor. Sepakannya dari tepi kotak penalti masuk ke gawang Brunei. Semenit berselang, Arkhan kembali unjuk gigi. Ia bisa bikin gol keduanya, usai bekerja sama dengan Ronaldo, untuk masuk ke kotak penalti. Sepakan placingnya mengirim bola bersarang ke gawang Brunei.

Di menit ke-36, Indonesia nyaris dapat gol keenam. Hokky menerima umpan tarik Kakang dari sisi kanan, namun sontekannya masih membuat bola menerpa mistar gawang Brunei.

Jelang babak pertama tuntas, Hokky Caraka bisa membuat gol keenam, sekaligus hat-trick-nya. Menerima umpan terobosan ke kotak penalti, Hokky menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri, yang mengirim bola ke gawang Brunei.

Hingga turun minum, tak ada gol tambahan tercipta. Timnas Indonesia U-19 sementara unggul 6-0 atas Brunei U-19 di babak pertama.

Babak kedua berjalan, dominasi Indonesia masih berlanjut. Gempuran terus dilakukan ke gawang Brunei.
Namun, Brunei sedikit lebih sabar dalam menjaga wilayahnya. Kondisi itu membuat Indonesia sempat kesulitan menambah gol.

Baru pada menit ke-61, Timnas Indonesia U-19 bisa mendapatkan gol ketujuh. Alfriyanto Nico Saputro, yang baru masuk, bisa menjebol gawang Brunei Darussalam U-19, memanfaatkan kesalahan bek Brunei mengantisipasi crossing. Skor menjadi 7-0.

Usai bikin gol ke-7, Indonesia belum berhenti menekan Brunei. Tekanan dari kedua sayap terus dilancarkan, namun barisan belakang Brunei bisa mementahkannya.

Dalam upaya mempertahankan wilayahnya, pemain Brunei beberapa terkapar. Namun, hingga laga bubar, tak ada gol tambahan lagi. Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei Darussalam U-19.

Hasil ini membuat Indonesia mengemas kemenangan pertamanya di Piala AFF U-19 2022, setelah sempat ditahan Vietnam U-19 pada laga perdana, Sabtu (2/7/2022). Anak asuh Shin Tae-yong kini mengumpulkan empat poin di Grup A, dan naik ke posisi dua.

Indonesia cuma kalah dari Thailand, yang mengoleksi 6 poin dari dua laga. Indonesia unggul gol dari Vietnam, yang juga mengoleksi empat poin di posisi tiga. Selanjutnya, Indonesia akan melawan Thailand, Rabu (6/7/2022).

Susunan Pemain
Timnas Indonesia U-19: Supriadi, Ahmad, Kakang, Marcell, Mikael, Marselino, Arkhan, Rafli, Dimas, Hokky, Ronaldo

Brunei Darussalam U-19: Danish, Ammar, Maverick,, Hirman, Syaherrul, Ali, Hakeme, Idzzahamm, Eddy, Syariee, Bazli

sumber; detik.sepakbola