Gubernur Sumbar Puji Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMAN 1 Tilatang Kamang

200

JURNAL SUMBAR | Agam – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi mengapresiasi kreativitas para pelajar SMAN I Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang dipamerkan pada ajang Perayaan Hasil Belajar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMAN 1 Tilatang Kamang, di sekolah tersebut, Sabtu (27/8/2022).

Beberapa diantara hasil project siswa tersebut diantaranya adalah olahan limbah yang bernilai jual seperti olahan batok kelapa, olahan kabel dan kawat bekas, dan botol bekas menjadi hiasan rumah yang bagus dan menarik dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah.

Kreatifitas lainnya adalah konten-konten audio visual yang menarik hasil karya para siswa dengan tema “Say No To Drugs” yang ditayangkan dalam berbagai media sosial.

Selain itu juga ditampilkan hasil project bidang kearifan lokal yang menampilkan tradisi adat pasambahan malakekkan gala dan mambaleh talam, tradisi adat masyarakat Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.

“Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMAN 1 Tilatang Kamang, ini sangat bagus sekali. Terutama bisa menghadirkan jiwa kewirausahaan, dan kearifan lokal. Ini menjadi bekal penting bagi ananda semua sebagai calon pemimpin masa depan,” ujar gubernur.

Dalam ajang Perayaan Hasil Belajar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila, ini juga terdapat stand berbagai kuliner khas masyarakat setempat hingga makanan modern hasil karya para siswa.

Dalam kesempatan mengunjungi stand, gubernur bersama Camat Tilatang Kamang serta Walinagari Koto Tangah, mencicipi kuliner khas Tilatang Kamang yang saat ini sudah jarang dijumpai, yakni Timbaba.

Makanan berbahan nangka muda yang ditumbuk dengan nenas muda, pisang lidi, cabe rawit, ditambah limau sundai serta bawang, ini diyakini berkhasiat mengobati demam dan menambah nafsu makan.(doa/MMC)