Jadi Irup HUT RI ke-77, Gubernur Sumbar: Jadikan Momen Tingkatkan Solidaritas

196

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Rabu (17/8/2022).

HUT ke-77 RI kali ini yang mengambil tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, menurut gubernur merupakan momentum tepat meningkatkan solidaritas, kekompakkan, demi meningkatkan kerjasama dan kolaborasi demi pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Motto Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat bisa kita peroleh ketika seluruh elemen-elemen di Pemprov Sumbar saling bersinergi dalam rangka untuk berkontribusi terhadap pembangunan di Sumbar,” ujar gubernur, kepada awak media, saat diwawancarai usai upacara pengibaran bendera merah putih.

Gubernur juga berpesan kepada media untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat dalam rangka peningkatan solidaritas ditengah masyarakat untuk memacu keberhasilan motto Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Gubernur juga memberi apresiasi pada seluruh tamu undangan yang hadir serta penyelenggara upacara, khususnya pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumbar yang telah tampil dengan baik selama upacara berlangsung.

“Saya ucapkan terimakasih pada semua tamu undangan, termasuk Paskibraka. Luar biasa penampilannya, saya gembira sekali. Paskibraka ini memang harus dilibatkan terus dalam pengibaran bendera merah putih. Diharapkan kabupaten kota bisa menyiapkan ini karena Paskibraka ini telah terseleksi, terlatih dan mereka menghayati betul pengibaran Merah Putih,” kata Buya Mahyeldi.

Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI berlangsung khidmat dan lancar. Seluruh personil upacara nampak sangat antusias mengikuti proses tahapan upacara.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Irsyad Syafar, didaulat sebagai pembaca teks proklamasi. Dengan suara lantang, Irsyad membacakan teks tersebut dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur serta jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) yang hadir.

Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov Sumbar. Dari jajaran Forkopimda tampak hadir diantaranya Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto, Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Kejati Sumbar, Kabinda Sumbar dan Sekdaprov Sumbar. Turut hadir pula kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.(via/MMC)