Dihadiri Duo Camat, Tim UPP Saber Pungli Gelar Sosialisasi Cegah Pungli dan Gratifikasi di UPTD Koto VII

181

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tim UPP Saber Pungli Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kembali melaksanakan sosialisasi pencegahan pungutan liar (Pungli) dan Gratifikasi di daerah ini.

Sosialisasi kali ini dilaksanakan di UPTD Koto VII pada Rabu (21/9/2022) yang diikuti dua kecamatan (Koto VII dan Sumpurkudus). Beserta Camat Koto VII, Elko dan Camat Sumpurkudus, Arwilson.

Camat Koto VII dan Camat Sumpurkudus

Sebelum itu, sosialisasi yang diikuti para camat, walinagari, BPN dan para kepala sekolah SMP juga dilaksanakan di UPTD Kecamatan Kamangbaru (Tanjung Gadang-Kamangbaru-red), dan dilanjutkan di UPTD Sijunjung dengan peserta dari unsur (Lubuktrok-Sijunjung) dan sosialisasi juga dilaksanakan di UPTD Kecamatan IV Nagari yang juga diikuti dua kecamatan (Kupitan dan IV Nagari-red).

“Ini sosialisasi terakhir, setelah dilaksanakan sosialisasi maka akan dilakukan penindakan terhadap para pelaku tindak pidana Pungli maupun Geratifikasi,”kata Ketua Tim UPP Saber Pungli, Kompol Dwe Yulianto dan Wakil Ketua (Inspektorat Daerah),Welfiadril saat membuka kegiatan tersebut.

Sosialisasi tersebut diawali penyampaian dari Camat Koto VII, Elko, yang menyambut baik sosialisasi yang diikuti sekitar 70 peserta itu.

Lagi, Cegah Gratifikasi dan Pungli, UPP Saber Pungli Sijunjung Gelar Sosialisasi di Dua Kecamatan

Terkait sosialisasi itu juga disampaikan para pemateri. Lengkapnya simak vodeo diatas.

Ketua dan Wakil Ketua Tim UPP Saber Pungli, Kompol Dwe Yulianto, menyebutkan, pungutan liarĀ adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau pegawai Negeri atau pejabat Negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan peraturan yang berkaitan dengan pembayaran tersebut.

“Hal ini sering disamakan dengan perbuatan pemerasan, penipuan atau korupsi,”kata Wakapolres Sijunjung itu.

Terkait Gratifikasi, kata Ketua Tim UPP Saber Pungli, adalah pemberian dalam arti luas, yakni uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya, baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri, yang dilakukan menggunakan sarana elektronik.

Kegiatan kian seru ketika ada tanyajawab terkait berbagai pungutan dan sumbangan. Dengan gemblang Tim UPP Saber Pungli menjawab semua pertanyaan yang disampaikan peserta.*