HUT BKOW Sumbar ke-54 Gelar Seminar Parenting di Era Digital

221

JURNAL SUMBAR | Padang – Memperingati HUT Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) ke-54, BKOW Sumatera Barat menggelar seminar ketahanan keluarga dengan tema “Seminar Parenting di Era Digital” di Hotel Axana, Padang, Selasa (18/10/2022).

Tema ini dipilih karena mayoritas populasi tak hanya di Indonesia, tapi di dunia saat ini sangat terhubung dengan internet dalam berbagai aktivitas kehidupan. Terlebih generasi muda dan anak-anak atau dikenalnya juga dengan sebutan Gen Z dan Gen Alpha.

Membuka seminar, Wagub Sumbar dalam sambutannya mengatakan esensi era digital memang adalah internet of things. Apalagi di kota-kota besar semua terhubung dengan internet smart phone, smart watch, smart tv, di rumah, di kendaraan, di tempat-tempat umum terkoneksi internet.

“Pola hidup dengan internet ini tentu mempengaruhi cara berpikir anak. Anak sekarang pastinya sangat berbeda dengan zaman kita dulu, sekarang anak-anak sudah memiliki pola pikir digital. Oleh karena itu, dibutuhkan peran aktif orang tua untuk memproteksi anak dari dampak negatif era digital,,” kata Wagub Audy.

Meski begitu, Ia mengatakan dampak positif kemajuan teknologi ini sejatinya jauh lebih banyak daripada efek negatif yang ditimbulkan. Tinggal bagaimana kecakapan kita dalam menyikapi era digital tersebut.

Sementara itu, Ketua BKOW Sumbar Fitria Amelia Umar menekankan, orang tua saat ini dituntut harus mampu mengawal anak menapaki era digital.

Meski dampak positif teknologi digital sangat banyak, dampak negatifnya tetap harus diingat. Seperti pornografi, pencurian data, manipulasi, serta pamer kekayaan dan kemewahan di media sosial, padahal realita yang sebenarnya tidak demikian.

“Anak harus diajarkan bahwa apa yang dilihat belum tentu sesuai dengan fakta sebenarnya. Supaya tidak ada iri, dengki, rendah diri, apalagi fitnah,” tuturnya.

Menurut Fitria Amelia, cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua, salah satunya adalah dengan memberikan teladan yang cerdas dan inovatif dalam pembibingan pada anak. (MC Prov Sumbar)

Dinas Kominfotik Sumbar