Wabup Sijunjung Bertandang ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Ini yang Dibahas

255

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST. MT dan Sekretaris Dinsos PPPA, Mukharlis “bertandang” berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada Jum’at 21 Oktober 2022.

Kunjungan dalam rangka silaturahmi dan menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB)beberapa waktu yang lalu ini sekaligus dalam rangka menginisiasi pengusulan almarhum Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif sebagai calon Pahlawan Nasional.

Kunjungan Wabup Iraddatillah bersama Kadis PPPA, Yofritas ini disambut langsung oleh Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra, MA didampingi Wakil Rektor III Moch. Abdi, S.E.,M.M., beserta Tim Lembaga Kerjasama UM Sumatera Barat, Efriyoni MA, Ibu Khoyriyah, M.H.I, Dr.Teguh Haria Aditiya Putra, MP, dan Isral Naska, MA di Convention Hall Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif, M.A, Kampus I UMSB Padang.

Wabup Iraddatillah pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kerjasama dari UMSB dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung serta mengucapkan terima kasih atas inisiasi peran aktif UMSB yang telah melaksanakan pendirian Museum Rumah Kecil Buya Ahmad Syafi’i Ma’arif di Nagari Sumpur Kudus Selatan Kecamatan Sumpur Kudus melalui peran aktif mahasiswa UMSB yang sedang melaksanakan KKN di nagari tersebut.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mohon dukungan dan bantuan dari UMSB untuk melakukan kajian akademis tentang riwayat perjuangan Prof. Dr. H. Syafi’i Ma’arif, M.A dan sekaligus kajian kelayakan pengusulan beliau sebagai Pahlawan Nasional.

“Kami dari Pemkab Sijunjung telah melakukan pengumpulan data dan beberapa dokumen pendukung termasuk rencana Pemkab Sijunjung akan menjadikan nama RSUD Sijunjung menjadi RSUD Syafi’i Ma’arif karena beliau lah yang melakukan peletakan pertama pembangunan RSUD tersebut dahulunya. Dan mohon juga kiranya UMSB dapat mengabadikan nama Prof. Dr. H. Syafi’i Ma’arif pada sarana monumental dilingkup UMSB seperti nama gedung, monumen, jalan dan lain lain,”harap Wabup Iraddatillah.

Sementara itu, Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra, MA juga mengucapkan selamat datang kepada Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah beserta rombongan di UMSB sekaligus mengucapkan terima kasih dari pihak UMSB kepada Pemerintah Kabupaten Sijunjung atas kepercayaan yang telah diberikan.

Pada pertemuan tersebut, Rektor UMSB, Riki Saputra menyatakan kesiapan dan menyetujui komitmen kerjasama dengan Pemkab Sijunjung terkait pengusulan Prof.Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif sebagai calon Pahlawan Nasional.

“Insyaallah kita dari UMSB setuju dan hari ini kita sudah menindaklanjuti komitmen bersama serta keinginan bersama ingin menjadikan buya syafi’i Ma’arif sebagai pahlawan nasional. Kami dari UMSB juga telah membentuk tim yang nantinya juga akan turun ke Kabupaten Sijunjung untuk mengumpulkan dokumen pendukung, kami mohon juga bantuan dan kerjasama nantinya dalam kelengkapan bahannya tersebut. Kami juga mengucapkan terimakasih karena sebagian dokumen sudah dilengkapi oleh Pemkab Sijunjung. Kami dari UMSB juga telah memulai memakai nama Buya Syafi’i Ma’arif pada convention hall di UMSB ini,”ujar Rektor Riki Saputra.andri