Politisi PAN Ivoni Munir, Putera Kinari yang Jadi Wakil Ketua DPRD Solok

198

Ivoni Munir Wakil Ketua DPRD Solok

JURNAL SUMBAR | Solok – Ivoni Munir, S.Farm, Apr gelar Panduko Sati lahir di Kinari, 16 Juli 1982 dari pasangan Almarhum H. Munir Manti Datuak Rajo Nan Sati dan Hj. Nurjanis Binti Khalik. Ayahnya dulu seorang pedagang sapi, sementara ibunya mengurus rumah tangga dan untuk membantu ekonomi keluarga ibunya juga bekerja sebagai petani di Kinari. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, dia adalah keponakan kandung dari H. Darlius Khalik gelar Panduko Sati yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Solok tahun 1997-1999 silam.

“Saya menghabiskan masa kecil di kampung, sekolah juga di kampung, kecuali SMA. Saya, lulus dari SMA Adabiah Padang pada tahun 2000,”terang Ivoni Munir pada media ini, Rabu (9 November 2022).

Dia menceritakan kalau dirinya selepas SMA meneruskan pendidikan strata satunya di Universitas Andalas Padang dengan mengambil jurusan Farmasi, lalu menamatkan dan memperoleh gelar Sarjana Farmasi dan langsung meneruskan ke jenjang profesi dan mendapatkan gelar Apoteker pada tahun 2006.

Semasa Sekolah dan Kuliah aktif dibeberapa organisasi, pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Kinari (IPPK) , Pj. Ketua HIMFA (Himpunan Mahasiswa Farmasi) FMIPA UNAND, Koordinator Kesejahteraan BEM FMIPA UNAND. Dimasa putih abu-abu, dia juga pernah jadi Pengurus Osis SMA Adabiah. Dalam kancah politik di kabupaten Solok, dia sudah tercatat sebagai kader Partai Amanat Nasional sejak 2008, dia terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Solok dalam Pileg 2019 lalu. Di Parlemen, dia sempat jadi Anggota biasa, tetapi sejak hari Selasa (30/3/2021) lalu dia diamanahkan oleh Partai Amanat Nasional untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok menggantikan Renaldo Gusmal, SE.

Sebelum di parlemen sehari hari dia menjalankan bisnis supplier dan distributor alat-alat medis dibawah perusahaan CV. Miranti Adilha yang dikomandaninya dengan join bersama kakak perempuannya Nurlena Munir dan juga aktif di organisasi Gabungan Perusahaan Famasi Sumbar, GAKESLAB (Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium) Sumbar. (Risko Mardianto)