Upacara Hari Pahlawan 10 November 2022 di SDIT Alam Talago Sawahlunto Berlangsung Khidmad

206

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Upacara memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2022 juga dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Talago, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Upacara bendera yang berlangsung di halaman SDIT Alam Talago pada Kamis (10/11/2022) tersebut berlangsung penuh khidmad.

Kepala SDIT Alam Talago, Delvia Sepniwati, S.Pd, menyebutkan, peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022, kali ini bertujuan untuk mengenang jasa para pejuang tanah air terutama di kota Sawahlunto dan umumnya Sumbar, yang berusaha mengusir penjajah saat itu.

Bentuk peringatan Hari Pahlawan di sekolah adalah dengan menggelar upacara bendera memperingati Hari Pahlawan.

“Seluruh bangsa Indonesia memperingath Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa yang terjadi Surabaya pada 10 November 1945. Pertempuran di Surabaya ini sangat terkenal dengan peristiwa penyobekan bendera warna biru di Hotel Yamato, Surabaya”.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan mempertahankan kemerdekaan dari serangan bangsa asing, maka sejak tahun 1958 ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Pahlawan yang diperingati secara nasional hingga sekarang,”kisah Kepsek dan para Guru SDIT Alam Talago itu pada siswanya.

Sebelum pelaksanaan upacara, kegiatan diawali dengan sholat dhuha.*