Petugas Pendataan Sicantik Nagari Palaluar Dilepas Bupati Sijunjung

609

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Petugas pendataan Sistim Informasi Data Nagari Cinta Statistik (Sicantik) Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII di lepas Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir di halaman kantor Wali Nagari setempat, Selasa (6 Desember 2022).

Pelepasan petugas tersebut ditandai dengan pemasangan topi, pemasangan id card dan penyerahan baju lapangan oleh Bupati Benny kepada petugas.

Diketahui, Nagari Palaluar menjadi Nagari perdana di Kabupaten Sijunjung yang akan melakukan pendataan dengan petugas sebanyak 45 orang.

Turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, David Rinaldo, Kepala BPS, Riqadli, Camat Koto VII, Elko Febri Marola, S,STP, Forkopincam dan undangan lainnya.

Bupati Sijunjung dalam arahannya mengatakan, melalui data yang bersifat Bottom Up (dari bawah), nagari akan menjadi basis data yang akan di sinkronkan dengan BPS untuk mewujudkan data yang sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia.

Dengan dilepasnya petugas Nagari Palaluar yang menjadi Nagari perdana di Kabupaten Sijunjung ini semoga dapat memberi semangat untuk Nagari Statistik yang lain dan semua nagari agar menjadi basis penyediaan data untuk mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) sesuai peraturan presiden nomor 39 tahun 2019,” harapnya.

Kami mengajak komitmen seluruh Wali Nagari, Operator Data dan Pencacah untuk berperan aktif dan bersinergi dengan BPS, Dinas Kominfo dan semua pihak yang terkait dengan pengelolaan nagari statistik, sehingga pada tahun 2023 kita bisa mewujudkan Kabupaten Sijunjung sebagai Kabupaten Statistik.

Untuk para pencacah agar melaksanakan pendataan dengan serius dan sesuai dengan fakta di lapangan, semoga pencacahan ini memberikan hasil yang baik untuk pengelola data pembangunan Sijunjung kedepan,” pesannya.

Kepala BPS Kabupaten Sijunjung, Riqadli berharap dukungan semua pihak dalam mewujudkan satu data nagari, Satu Data Indonesia sebagai dasar penentuan kebijakan bagi kesejahtraan masyarakat.

Kami berharap, Nagari berperan penting dalam evaluasi dan perencanaan pembangunan.

Wali Nagari Palauar, Ebid Diana Putra mengatakan untuk mewujudkan visi dan misi Nagari Palaluar, kami memiliki 7 program prioritas, yg paling utama adalah ‘paluar dalam angka’. Ini bukti bahwa kami concern dengan data.

Untuk itu, terimaksih kepada Kadis Kominfo, kepala BPS yang telah banyak membantu, dan memfalisitasi Nagari Palaluar,” ungkapnya.rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here