Didampingi Wabup H.Iradatillah, Wakil Gubernur Audy Joinaldy Resmikan Pos Pemuda Terintegrasi di Sumpurkudus Sijunjung

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy bersama Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah meluncurkan Pos Pemuda Terintegrasi pertama di Sumatera Barat yang berada di Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA) Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kab. Sijunjung, Rabu (22/2/2023).

Pos ini merupakan pusat kegiatan terpadu gagasan Karang Taruna setempat. Meski hanya bangunan sederhana, pos ini lengkap dengan fasilitas perpustakaan mini, serta aktivitas kelas bahasa Inggris, kelas komputer dan teknologi informasi, hingga kelas pengarsipan dan dokumetasi yang menginventarisir beragam dokumen sejarah-sejarah lokal. Pelatihan melalui kelas-kelas ini diberikan secara gratis bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi.

Selain itu, Pos Pemuda Terintegrasi TBA Selatan juga tengah melakukan pengembangan kewirausahaan bagi masyarakat setempat. Salah satunya dengan mulai mengembangkan budidaya lele bioflok berikut dengan hilirisasinya berupa pengolahan lele asap.

idul adha

Inovasi dan kreativitas pemuda TBA Selatan ini disambut positif dan mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Audy Joinaldy. Ia mengatakan pemerintah provinsi siap mendukung upaya-upaya pengembangan yang dilakukan pemuda setempat melalui Pos Pemuda Terintegrasi.

“Kita akan support supaya bisa jadi pos pemuda percontohan Sumatera Barat. Bisa berupa bantuan kolam bioflok dan pelatihan pengolahan Ikan asap, serta buku-buku,” ujar Wagub Audy.

Epi

Hal serupa turut disampaikan Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Ia mengatakan pihaknya siap membantu melengkapi fasilitas penunjang dan pelatihan digitalisasi bagi penggiat Pos Pemuda Terintegrasi tersebut.

“Luar biasa pergerakan pemuda disini. Ini lah yang dibutuhkan sekarang di era digital. Pemerintah Kabupaten Sijunjung tentu akan mensupport apa-apa yang bisa kita bantu,” ujarnya.

Ikbal Musa, Ketua Karang Taruna TBA Selatan menuturkan, Pos Pemuda yang ia gagas tersebut merupakan hasil integrasi antara Gerakan Karang Taruna Pemuda setempat dan Komunitas Rumah Nusantara Sumpur Kudus. Komunitas ini sebelumnya telah lebih dulu merintis kelas bahasa Inggris gratis bagi anak-anak usia sekolah di TBA Selatan sejak 2016 lalu.

Setelah diintegrasikan dengan Pos Pemuda dan mendapat support dari pemerintah, Ia berharap kolaborasi antara pemerintah dan gerakan pemuda di TBA Selatan khususnya Sumpur Kudus dapat memberikan manfaat yang semakin besar bagi masyarakat.

Dinas Kominfotik Sumbar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.