Meriahkan HJK ke-74, Pemkab Sijunjung Gelar Festival Lansek Manih V dan Sijunjung Rancak Expo

221

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Benny Dwifa Yuswir secara resmi membuka Festival Lansek Manih V dan Sijunjung Rancak Expo dalam rangka Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-74, pada Sabtu (18/2/2023) di Jalan Lansek Manih, Muaro Sijunjung.

Benny menyebut, festival tersebut merupakan ajang promosi UMKM Sijunjung sekaligus untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Melalui pergelaran ini, diharapkan semua sektor potensial akan dikemas menjadi sajian yang menarik, seperti pariwisata, keberagaman budaya dan sektor UMKM,” ungkap Benny dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, sebagai komitmen dari Pemkab Sijunjung untuk mendorong sektor UMKM, panitia menyediakan space gratis bagi pelaku UMKM di Festival Lansek Manih V ini.

“Selain itu, kami juga menyediakan wadah bagi anak nagari, baik dari paguyuban, kelompok masyarakat, sanggar, sekolah-sekolah, untuk menampilkan berbagi seni dan budaya ayang ada di Sijunjung,” ujarnya.

Dikatakannya, dampak lain dari pergelaran tersebut yaitu bisa menjadi ajang silaturahmi bagi semua stakeholder dengan masyarakat.

Dalam festival tersebut, turut dilaunching berbagai inovasi baru dari beberapa OPD di Sijunjung.

Di antaranya, inovasi Kolaborasi Desa Wisata Mandiri dan Ekonomi Kreatif (Si Dewi Mandeh) dari Disparpora Sijunjung.

Lalu, inovasi Sijunjung Bebas Stunting Menuju Keluarga Berkualitas (Sibetisku) dari Dinas Dalduk KB.

Selanjutnya, inovasi Digital Library dan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sijunjung.

Kemudian, aplikasi plaza UMKM dari Disdagperinkop Sijunjung dan inovasi Sistem Melayani Online Pajak dan Retribusi Mantap (Simelon) dari BKAD Sijunjung.

Diketahui, Festival Lansek Manih V ran Sijunjung Rancak Expo tersebut akan berlangsung mulai dari 18 sampai 25 Februari 2023 mendatang.dikco