Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara, KPU Sijunjung Gelar Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gendrang “perang” pestival demokrasi pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 resmi ditabuh.

Tak percaya? Tengok saja, secara serentak, pada Selasa (14/2/2023) ini, diseluruh Tanah Air, Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk KPU Kabupaten Sijunjung, melaksanakan Peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024.

Mengangkat tema; “Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara” Pemilu sebagai sarana integraai Bangsa itu diikuti ratusan peserta.

Mulai dari unsur Parpol, Ormas, Mahasiswa, Instansi terkait, Forkopimda dan internal KPU (PPK) serta unsur pers padati Gedung Pancasila Muaro Sijunjung itu.

Peluncuran Kirab Pemilu 2024: Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara serentak di tujuh kota titik peluncuran diikuti di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Tanah Air.

“Tanjung Selor masuk salah satu tujuh kota titik peluncuran itu. Bersama Jakarta, Aceh, Batam, Pontianak, Pulau Morotai, Kupang, dan Jayapura,” kata Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami, di Tanjung Selor, seperti dikutif dari Komisioner KPU Sijunjung, Nafwan.

 

Selain itu, Ketua KPU Sijunjung, Limdo Karsyah, menyebutkan, Peluncuran Kirab Pemilu 2024 di setiap titik akan menampilkan seni budaya lokal, sambutan ketua KPU serta deklarasi “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”

Seluruh konten acara peluncuran di tiap titik akan mendeskripsikan kesiapan KPU menyelenggarakan Pemilu 2024 dan dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pemilu.

Epi

“Kabupaten Sijunjung berada di nomor urut 25. “Kapan waktunya kirab itu nyampai kita belum tahu. Yang jelas, kirab itu nantinya memasuki Kota Sawahlunto dan kemudian baru ke Sijunjung. Setelah itu, baru kita kawal ke Dharmasraya dan untuk selanjutnya menuju Jakarta,”tambah Nafwan dan diamini komisioner KPU Sijunjung lainnya (Gunawan,SP, Fahrul Rozi Burda dan Alfi Yendra).

Peluncuran secaa virtual itu juga dirangkaikan dengan pelepasan tim kirab yang mengawal 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024 secara bersamaan di tujuh titik oleh anggota KPU menuju titik estafet berikutnya.

“Kami berterima kasih pada Ketua KPU RI, seluruh pimpinan KPU RI dan Sekretaris Jenderal KPU RI yang telah mempercayakan provinsi Kalimantan Utara sebagai salah satu lokasi peluncuran Kirab Pemilu 2024,” kata Suryanata seperti dikutif Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah jelang peluncuran.

Ia menyebut ini merupakan sebuah kebanggaan dan KPU Kalimantan Utara berkomitmen akan terus melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pemilu secara berintegritas di semua penjuru provinsi ke-34 di Tanah Air ini.

Sebagai informasi, Peluncuran Kirab Pemilu 2024 di Tanjung Selor dipusatkan di Lapangan Agatis. Demikian disampaikan komisioner KPU Sijunjung. Pelaksanaan Peluncuran Kirab Pemilu itu di Sijunjung diawali sambutan Ketua KPU Lindo Karsyah.

Kegiatan itu juga dihadiri Bupati Sijunjung, diwakili Kakan Kesbangpol Limas, Ketua DPRD, dan unsur Forkopimda lainnya juga hadir.

Untuk diketahui, berikut Inilah Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan)
4. Partai Golongan Karya (Golkar)
5. Partai NasDem
6. Partai Buruh
7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
11. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)
12. Partai Amanat Nasional (PAN)
13. Partai Bulan Bintang (PBB)
14. Partai Demokrat
15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
16. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
24. Partai Ummat

Partai lokal Aceh

18. Partai Nangroe Aceh (PNA)
19. Partai Generasi Aceh Beusaboh Thaat dan Taqwa (Gabthat)
20. Partai Darul Aceh (PDA)
21. Partai Aceh
22. Partai Adil Sejahtera Aceh (PAS Aceh)
23. Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.