Cegah Penularan HIV dan Hepatitis, Lapas Narkotika Kelas III Sawahlunto Gelar Pemeriksaan Kesehatan

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Menyongsong peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 59, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Sawahlunto gelar kegiatan pemeriksaan darah dalam rangka pencegahan penularan virus HIV dan Hepatitis, Selasa (14/3/2023).

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu upaya dari Kalapas Narkotika Kelas III Sawahlunto selaku pimpinan untuk mengetahui secara dini kondisi kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI khususnya di Lapas Narkotika Kelas III Sawahlunto.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar upaya pemenuhan pelayanan kesehatan kepada WBP yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto melalui UPTD Puskesmas Kolok yang diselenggarakan di klinik Lapas Narkotika Kelas III kepada 121 Orang WBP,” terang Kalapas Rommy Waskita Pambudi kepada JurnalSumbar.com.

Epi

Kalapas Rommy juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala UPTD Puskesmas Kolok dan jajaran, dengan harapan dapat mengetahui lebih dini jika ada kasus Hepatitis dan HIV/AIDS di Lapas Narkotika Sawahlunto, sehingga akan lebih cepat tertangani jika ada WBP dengan kasus Hepatitis dan HIV/AIDS tersebut.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Kolok Dr.Ilham Hariadi menjelaskan, tujuan dilakukannya kegiatan ini agar dapat mendeteksi penyebaran HIV dan Hepatitis terhadap warga binaan yang apabila ada ditemukan yang sakit, bisa langsung diberikan pengobatan.

Dr. Ilham juga berharap agar kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara rutin, sehingga dapat memantau perkembang kesehatan WBP.

“Jika terpantau ada yang sakit atau gangguan kesehatan maka akan diambil langkah tindak lanjutnya dengan pemeriksaan dan pengobatan di Puskesmas Kolok ataupun di rujuk ke Rumah Sakit terdekat. Dengan demikian, resiko penularan dan penyebaran dapat diatasi,” katanya.(kiy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.