Ibu – Ibu PKK se-Kota Sawahlunto Ikuti Pesantren Ramadhan

HLP

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Tim Penggerak PKK Kota Sawahlunto gelar pesantren ramadan di Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto, Senin – Rabu (3-5/4/2023). Adapun pesertanya terdiri dari ibu – ibu pengurus dan anggota TP-PKK Kota, TP-PKK Desa dan Kelurahan, Dharma Wanita Persatuan dan Majelis Taklim.

Wakil Ketua TP PKK Kota Sawahlunto Ir. Neldaswenti mengatakan, metode yang diterapkan dalam pesantren ramadhan kali ,yakni ceramah dan diskusi. Untuk narasumber adalah para muballigh di Sawahlunto dan dari luar Sawahlunto.

“Pesantren ini dinilai penting untuk menambah wawasan anggota PKK, terutama ilmu agama dalam membina keluarga yang madani,” kata Neldaswenti.

Kegiatan ini sebutnya, rutin dilakukan setiap ramadan, sebagai wujud silaturahmi antar anggota PKK sekaligus menambah ilmu agama yang diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu juga sebut Neldaswenti ,kaum ibu yang merupakan tempat bagi anak – anaknya dalam menimba ilmu untuk menjadi generasi berkualitas penting rasanya untuk ditambah wawasannya.

“Dari pada melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat seperti menonton dan lainnya, alangkah baiknya dipergunakan untuk mengikuti pesantren ramadan,” ujarnya.

Epi

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti saat membuka kegiatan ini mengungkapkan, ibu merupakan pelopor di setiap rumah tangga dalam membentuk kepribadian anak dan keluarga.

“Untuk itu para ibu harus memperbaharui ilmu agama disetiap saat dan memperkuat iman dan ketaqwaan dengan mendalami dan mempelajari ilmi agama melalui majelis seperti pesantren ramadan ini,” sebutnya.

Wawako Zohirin menilai, banyak manfaat dan berkahnya kegiatan ini, dan sangat tepat rasanya pesantren ramadan yang digelar TP PKK tersebut sebagai upaya mengisi kegiatan puasa dengan aktivitas positif. Harapannya lanjut Zohirin, dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari – hari.

“Kami juga mengimbau agar orang tua mengajak anak – anaknya ke Masjid atau Musalla untuk melaksanakan ibadah ramadan,” imbaunya.

Dalam kegiatan itu juga diserahkan 50 stel mukena kepada lima masjid dalam program Gerakan Mukenah Bersih (GMB). Lima masjid yang menerima bantuan mukenah itu, yaitu Masjid Taqwa Desa Lumimdai, Masjid Nurul Yakin Lunto Barat, Masjid Mujahidin Desa Silungkang Oso, Masjid Nurul Falah Desa Talawi Hilir dan Masjid Istiqomah Kelurahan Kubang Sirakuk Utara.Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.