Bakawua Adat di Nagari Durian Gadang Dihadiri Bupati Sijunjung

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Masyarakat Nagari Durian Gadang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung menggelar acara bakawua adat dalam rangka mengungkapkan rasa syukur atas berkat dan karunia dari Allah SWT atas hasil panen dan hasil pertanian yang diberikan.

Bakawua Adat yang dihadiri Bupati Benny Dwifa ini dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, Jorong Koto Mudiak, Nagari Durian Gadang pada Minggu 14 Mei 2023.

Wali Nagari Durian Gadang, Yusri pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa yang hadir bersama rombongan di acara bakawua adat tersebut.

idul adha

Bakawua adat ini ujar Yusri, dilaksanakan rutin sekali dalam setahun dalam rangka mengucapkan syukur kepada Allah Swt atas hasil panen yang telah diberikan dan berharap pada panen berikutnya diberikan rezeky yang lebih banyak lagi.

“Acara bakawua adat ini juga dalam rangka untuk mensepakati kapan mulai mencocok tanam padi sawah secara bersama sama,”ujar Yusri.

Wali Nagari Yusri juga menghimbau kepada pemuda dan masyarakat lainnya agar dalam menghadapi mulainya kembali bercocok tanam padi ini agar aturan yang telah disepakati oleh niniak mamak dan pemerintah nagari agar dapat dipatuhi sehingga diharapkan hasil panen bisa lebih banyak nantinya.

Epi

Bupati Benny Dwifa dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan acara bakawua adat ini.

“Tradisi bakawua adat ini harus kita jaga dan lestarikan karena saat ini sudah mulai ditinggalkan dibeberapa daerah. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi sekali masyarakat Durian Gadang masih tetap menjaganya,”ujarnya.

Bupati Benny pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa ikut hadir bersama dengan nya yaitu Anggota DPRD, April Marsal dan Desriwan, serta beberapa orang kepala OPD diantaranya, Kadis Pangan, Adri, S.Pt, Kadis Perkim, Arif Megyanto, Kepala DPMN, Joni Antonius, Kadis Kominfo, David Rinaldo, Sekdis PUPR, Ramadhan Fitri, Kabid Pertanian, Hendri, Kabag Kesra, Jupri dan dari Bapppeda.

“Tujuan kami langsung membawa Kepala OPD ini adalah supaya masyarakat Durian Gadang kalau ingin menyampaikan keinginan terkait pembangunan di Nagari seperti jalan, jembatan, alat komunikasi dan lainnya bisa tersampaikan langsung serta tau Kadis yang bisa ditemui,”imbau Benny.

Terkait pembangunan jalan Jorong Siluka sampai ke Jembatan Tapui, Bupati Benny melalui Dinas PU telah menganggarkan perbaikan jalan sekitar 4 KM sebesar 500 sampai 600 juta rupiah di tahun 2023 ini.

Diakhir sambutannya, Bupati Benny juga mengingatkan masyarakat Durian Gadang agar selalu bijak menggunakan media sosial. “Sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat agar jangan sampai terprofokasi oleh orang orang yang mengambil keuntungan sesaat yang akan membuat perpecahan. Oleh karena itu, jagalah selalu kekompakan dan kebersamaan,”pesan Bupati Benny Dwifa. andri

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.