Zaskia Naila Adri dari SMAN 1 Menjadi Duta Baca Kota “Arang” Sawahlunto 2023

HLP

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Siswi SMAN 1 Sawahlunto, Zaskia Naila Adri terpilih menjadi Duta Baca Kota Sawahlunto dalam Grand Final pemilihan Duta Baca Kota Sawahlunto tahun 2023 , Sabtu (3/6/2023).

Dalam Grand Final yang digelar di Balairong Rumah Dinas Walikota itu terdapat lima finalis yang dinilai, yakni Zaskia Naila Adri, Yuland Nuratul Adila dan Asyifa Fadhilla dari SMA Negeri 1 Sawahlunto, kemudian Faila Fathihizza dan Thabina Salsadira dari MAN Sawahlunto.

Bunda Literasi Kota Sawahlunto, Meivyta Deri Asta mengatakan, Pemko Sawahlunto menggelar pemilihan Duta Baca untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda agar hobi membaca. Duta Baca sebutnya, dinilai memiliki sejumlah keunggulan untuk terjun langsung melakukan sosialisasi kepada kaum millenial (pelajar dan remaja).

idul adha

“Dengan usia yang sebaya di kalangan millenial, maka Duta Baca ini efektif dalam mengajak kalangan sebayanya, untuk gemar membaca serta mengembangan budaya literasi. Pemkot akan mendukung dan memfasilitasi baik dari kebijakan/program maupun anggarannya, sehingga gerakan yang dilakukan Duta Baca nantinya bisa maksimal dan semakin baik,” ujarnya.

Epi

Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyebut, bahwa kecerdasan literasi salah satunya dibentuk dari hobi membaca akan memberikan pengaruh yang kuat dalam membentuk generasi penerus yang cerdas, unggul dan berdaya saing. Karena itu lanjut Deri, kegiatan-kegiatan yang mendorong minat membaca pada anak dan remaja tidak boleh disepelekan atau menjadi formalitas saja.

“Kita bertanggung jawab menyiapkan generasi penerus Sawahlunto yang berkualitas. Salah satu indikator kualitas itu adalah generasi yang memiliki pengetahuan yang luas. Luasnya pengetahuan tentu dengan rajin membaca,” kata Wali Kota Deri.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto Jon Hendri menyampaikan, dewan juri dalam penilaian tersebut yaitu Bunda Literasi Kota Sawahlunto Ny. Meivyta Deri Asta, penulis dan praktisi IT dari Dinas Pendidikan Andre Yuberta, kemudian penggiat literasi di Sawahlunto Lambang Wicaksono.

“Pemilihan Duta Baca merupakan sosialisasi dan kampanye peningkatan budaya baca masyarakat, melalui figur atau role model sebagai motivator gemar membaca.Dan bagi Duta Baca yang terpilih nantinya akan bertugas selama 1 tahun sebagai motivator dan role model untuk mengkampanyekan budaya gemar membaca masyarakat terutama pelajar. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.