Lewat Zoom Meeting, Bapppeda Sijunjung Ikuti Best Practise Verifikasi KKS Tingkat Nasional 2023

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bersamaan dengan delapan Bapppeda kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat, Bapppeda Kabupaten Sijunjung ikuti Best Practise Verifikasi KKS Tingkat Nasional tahun 2023 Lewat Zoom Meeting.

Hal itu disampaikan Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra Yuni Elviza,MT, diwakili Sekretaris Bapppeda Sijunjung, Harry Oscar Hidayat, SSTP, M.Si.

“Best Practise Verifikasi ini merupakan Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten Sehat 2023 yang dilakukan secara zoom meeting,”kata Harry Oscar Hidayat, SSTP, M.Si.

Verifikasi itu sendiri berlangsung diruang rapat kantor Bapppeda setempat pada Jumat (14/7/2023).

“Mudah mudahan kita bisa lolos dari 9 Kota/ Kab se Sumbar, (Sijunjung, Pesisir Selatan, Dharmasraya, Padang, Padangpanjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Kota Solok dan Kota Pariaman-red), nah, untuk itu tentunya kita bisa berkolaborasi dengan semua steakholder terkait sehingga dengan kerja keras, apa yang kita harapkan bisa terwujud dan meraih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba tahun 2023,” ungkap sekretaris Bapppeda yang enerjig itu.

Menurutnya Kabupaten Sijunjung akan terus berjuang untuk meraih swasti saba tersebut.

“Kita semua harus meningkatkan komitmen bersama. Sebab, keinginan ini tidak akan berjalan tanpa dorongan semua pihak,” paparnya.

“KKS bukanlah Kabupaten/Kota yang telah mencapai status kesehatan tertentu. Ruang lingkupnya luas, tidak hanya sektor kesehatan semata dan untuk itu dibutuhkan komitmen terhadap kesehatan melalui proses dan sistem terstruktur untuk mencapainya,” ucapnya.

PERANTAU SIJUNJUNG

Disampaikan Harry Oscar Hidayat, SSTP, M.Si, bahwa ada enam strategi dalam mewujudkan KKS.

Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, Fajar Seftrian

“Penguatan komitmen, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan jejaring dan kemitraan, peningkatan akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat,” jelasnya.

Ketua FKSS, Fajar Septrian menyebutkan, bahwa Kabupaten Sijunjung, salahsatu kabupaten yang masuk nominasi mengikuti verifikasi lanjutan kabupaten/kota sehat tahun 2023.

“Maka dibutuhkan peran aktif OPD, terutama Dinas Kesehatan untuk menyukseskan program kabupaten sehat, hingga kabupten sehat tidak hanya persoalan penghargaan tapi persoalan implementasi seluruh tatanan sehat,”ucap Fajar yang juga Sekretaris F.Yanlik Kabupaten Sijunjung itu.

DR.Zefnihan, AP.M.Si Sekdakab Sijunjung

Sementara Sekda Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, AP, M.Si, dalam arahannya meminta semua untuk fokus harus benar benar solid untuk menghasilkan nilai yang baik dalam penilaian KKS tahun 2023.

“Untuk itu, dalam verifikasi ini kita bisa memperbaiki kekurangan, karena itu setiap perangkat daerah yang sudah turun ke lapangan harus melaporkan hasil pantauannya” jelasnya

Akhirnya sekda berharap dengan kebersamaan dan kerja keras semua apa yang ditargetkan bisa terwujud dan menghasilkan hasil yang terbaik. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.