Tim UPP Saber Pungli Sijunjung Sambangi UPP Saber Pungli Kabupaten dan Kota Bogor, Ini Kegiatannya

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pada Rabu (8/11/2023), rombongan Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, yang diketuai Kompol Omri Yan Sahureka,SH,S.Ik dan Wandri Fahrizal, SH (Wakil Ketua), bertolak menuju Kabupaten dan Kota Bogor, Jawa Barat dalam serangkaian kegiatan.

Via Bandara International Minangkabau (BIM) Tim UPP Saber Pungli Sijunjung mendarat dengan sempurna di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB dan selanjutnya menuju Hotel Salak, Kota Bogor.

idul adha

Tim yang beranggotakan; Kusnadi (Sub Denpom), Domi Syafriandi(Plt KasiWas Polres), Sepman Hadi,SH (Kanit Tipikor Polres), Tri Aprilianto, Ofni Wati, SAB, M.Si, RinaZulfita,SKM (Inpsektorat), Saptarius (Anggota Pokja Pencegahan), Welfiadril, S.Sos,M.Pd, CGCAE (Kasat Pol PP), Indespa (Dan Unit Intel Kodim), dan Rulif Yugantra,SH (Kasi Datun Kejari) tiba dengan selamat di “Kota Hujan” itu.

Pada Kamis (9/11/2023) sesudah sarapan pagi, rombongan Tim UPP Saber Pungli Sijunjung menyambangi UPP Saber Pungli Kota Bogor yang berada di Jln Ir.H.Juanda,No.10 Kota Bogor.

Dengan penuh persahabatan, kedua UPP pun saling bertukar pengalaman terkait kegiatan yang dilakukan kedua tim.

Ke-esokan harinya, (Jumat, 10/11/2023-red), sesudah sarapan pagi, rombongan bertolak dan menyambangi UPP Kabupaten Bogor.

Di Kabupaten Bogor, rombongan disambut Kapokja Pencegahan, Temsy Nurdin, SH,MM,MH dan anggota terdiri diri, Chudiyanto, SE, Ak,MM, Sudrajat, S.IP, Pokja Penindakan Serka Iwan (Sub Den Pom), Sekretaris 1 Ipda Wawan Suwardi, SH dan anggota posko; Aiptu Sigit, Aiptu Surono, Bripka M.Andri dan Briptu Fahrurozi.

Meski terbentuk pada 2018, Pemerintah Kabupaten Bogor, bersama aparat penegak hukum seperti unsur kepolisian, kejaksaan, pengadilan negeri serja sejumlah instansi terkait, selalu mengelar rapat koordinasi sesuai instruksi presiden melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2016 terkait UPP Saber Pungli.

“Dengan memberantas pungli maka pelayanan untuk masyarakat dapat berjalan lebih baik dan cepat,” ungkap Tim UPP Saber Pungli Kabupaten Bogor.

Epi

UPP Saber Pungli Kabupaten Bogor selalu transparan dan menjadi objek tugas satgas saber pungutan liar di Kabupaten Bogor, yakni semua pelayanan masyarakat di setiap institusi baik itu Pemerintah Daerah, Polri maupun TNI dan satgas tersebut mempunyai beberapa fungsi seperti fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi.

“Tim saber pungli memiliki kewenangan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, melakukan pengumpulan data dan informasi dari Kementrian/lembaga dan pihak lain yang terkait dengan teknologi informasi, mengoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar, melakukan operasi tangkap tangan, memberikan rekomendasi pimpinan untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungsi sesuai dengan ketentuan dan melakukan evealuasi kegiatan,” ujar Tim UPP Saber Pungli Kabupaten Bogor.

Menariknya, Pemkab Bogor menganggarkan dana untuk ķegiatan Saber Pungli mencapai Rp1,5 miliar termasuk memiliki Mako UPP Saber Pungli yang terletak di Jln Setu Cikaret Kabupaten Bogor.

Hal itu diungkapkan Sekretaris 1 UPP Saber Pungli Kabupaten Bogor, Ipda Wawan Suwardi, SH kehadapan Tim UPP Saber Pungli Sijunjung.

Ia juga menyebutkan, bahwa banyak pakaian seragam untuk Tim UPP Saber Pungli yang dimiliki Kabupaten Bogor. Dalam kegiatan, di UPP Saber Pungli lebih banyak pengaduan masyarakat (Dumas).

“Sudah seharusnya Sijunjung juga memiliki Mako UPP Saber Pungli sendiri,”kata Indespa juga di iyakan Saptarius bagian pencegahan.

Bak gayuang bersambut, Wakil Kètua/Inspektur Daerah, Wandri Fahrizal pun merespon. “Ini perlu kita bahas,”ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketuai Tim UPP Saber Punggli Sijunjung, Kompol Omri Yan Sahureka,SH,S.Ik, juga memperkenalkan rombongan.

Usai kegiatan rombongan UPP Saber Pungli Sijunjung dijamu makan siang. Setelah itu, kedua kabupaten juga saling memberi cendramata dan foto bersama.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.