Di Hari Buruh, Pemkab Sijunjung Gelar Dialog Bersama Perusahaan dan Pekerja,Bupati; SDA Melimpah

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Memanfaatkan momentum Hari Buruh 1 Mei 2024, Kamis (2/5/2024) melalui Dinas Tenaga Kerja, Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, menggelar Dialog Bersama Perusahaan dan Pekerja daerah setempat.

Dialog bertajuk, Kompeten Menjadikan Iklim Investasi yang Nyaman itu digelar di SKB Muaro Sijunjung diikuti kisaran 100 peserta berasal dari utusan, Ketua Konfederasi SPSI Kabupaten Sijunjung, Saptarius, Pimpinan Perusahaan dan Ketua Serikat Pekerja/ Serikat Buruh, serta Camat, Walinagari dan OPD terkait juga hadir.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi, S.STP.,M.Si., dalam laporannya menyebutian, bahwa dialog tersebut menampilkan narasumber mediator HI Ahli Madya Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat, Dra.Helneliza, M. Si dan Nurmayetti, SH.

“Alhamdulillah, atas limpahan rahmat dan Karunia-Nya kita telah dapat hadir disini dalam Acara Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) dengan Tema “Pekerja Kompeten Menjadikan Iklim Investasi Yang Nyaman”, kiranya acara ini mendapat berkah dan lindungan dari Allah SWT, Aamiin,”ucap Khamsiardi dalam antaran laporannya dalam dialog tersebut.

Disebutkannya, pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday), sebagai berikut :

I. DASAR : 1. Undang Undang Nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/ Serikat Buruh
2. Undang Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.


3. Undang-Undang Nomor 6 tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang

JENIS KEGIATAN : Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) pada Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan pada Tanggal 2 Mei 2024 bertempat di SKB Kabupaten Sijunjung.

Epi

“Alhamdulillah, pekerja/buruh bisa merayakan Mayday dengan baik, tenang dan damai, dengan semangat kebersamaan. Perusahaan dan pekerja/buruh diharapkan membuka ruang komonikasi yang baik dan meningkatkan Hubungan Industrial yang harmonis untuk menjamin kesejahteraan pekerja dan peningkatan produksi di perusahaan. Pengusaha dan serikat pekerja/buruh dapat bekerja sama membangunan Hubungan Industrial yang harmonis, demokratis dan berkeadilan,”papar Kadis Naker Sijunjung itu.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan dosialisasi Serikat Buruh/ Pekerja Kabupaten Sijunjung, Penyerahan Penghargaan untuk Perusahaan yang Patuh dalam Aturan yang berlaku. Lengkap Laporan ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung (PP/PKB, SP/SB, LKS Bipartit, PKWT, serta Laporan Wajib Lainnya).

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional (mayday) serta Terima Kasih kepada seluruh undangan dan panitia atas bantuan, partisipasi dan kerjasamanya demi kelancaran acara serta Hubungan yang harmonis antara Perusahaan dengan Buruh/ Pekerja.

Kepada Kepala Dinas Terkait, Camat se-Kabupaten Sijunjung yang telah Hadir pada acara ini,”jelasnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP.M.Si, dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Buruh.

Dihadapan peserta dialog, ia juga menyampaikan tentang SDA (sumberdaya alam) yang berlimpah ruah. Lengkapnya simak video diatas.

Narasumber dalam dialog tersebut mengupas hubungan industrial dan fungsi pemerintah dalam menerapkan kebijakan, memberikan pelayanan, pengawasan dan melakukan penindakan.

“Kami siap membantu para pekerja dalam menjalankan pekerjaan dan menyalurkan aspirasi secara demokrasi dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian,”ucap Dra.Helneliza, M. Si.,selaku narasumber.

Dialog tersebut dipandu Anisa Putra Kabid Naker daerah setempat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.