KLB PWI Diikuti 300 Peserta, Gubernur Sumbar; Edaran Mendagari, Kepala Daerah Bekerjasama dengan PWI

HLP

“Untuk Membantu Sosialisasi Pilkada Bermatabat”

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, membuka secara resmi Konferensi Luar Biasa (KLB) PWI Sumbar, Rabu (22/5/2024).

KLB PWI Sumbar itu diikuti sebanyak 300 peserta dari kabupaten/kota se-Sumbar, pemegang kartu biasa.

idul adha

Mahyeldi mengatakan, wartawan adalah bagian penting dalam berdemokrasi. Untuk itu, ia berharap KLB dapat berjalan dengan lancar sebagaimana diharapkan.

“Sebagaimana organisasi lain yang ada di Sumbar, saya berharap PWI tetap menjaga kekompakan dan kesolidan. Apa pun organisasinya, termasuk PWI,” ajak Mahyeldi.

Ketua Panitia Pelaksana KLB Sawir Pribadi mengatakan, berdasarkan arahan dan instruksi PWI Pusat, KLB ini digelar pada hari ini.

“PWI pusat juga sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebagai pemilih hak suara sebanyak 300 pemilih di KLB ini,” katanya.

Sawir menyebut, dari tujuh orang bakal calon Ketua PWI dan DKP Sumbar yang diusulkan ke PWI Pusat, hanya enm orang yang disetujui.

“Satu orang dinyatakan belum lolos verifikasi. Dari rnam orang calon itu, lima untuk calon Ketua PWI Sumbar dan 2 orang calon Ketua DKP (Dewan Kehormatan Provinsi),” terangnya.

Epi

Pada kesempatan itu, Sawir Pribadi juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pihak-pihak lain yang telah men-support terlaksanakanya KLB ini.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, diantaranya Pemprov Sumbar melalui Dinas Kominfotik Sumbar, Biro Adpim, dan Biro Umum Setdaprov Sumbar. Ucapan yang sama juga kami sampaikan kepada teman-teman panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan terlaksanakanya KLB ini. Siang malam mereka bekerja, tidak mengenal hari libur,” ujarnya.

Plt Ketua PWI Sumbar Widya Navis mengatakan, semestinya konferensi itu dilaksanakan sekali dalam lima tahun.

“Namun, belum cukup lima tahun, kita kembali bertemu di tempat yang sama, untuk melaksanakan Konferensi Luar Biasa (KLB),” ungkapnya.

Ketua PWI Pusat yang diwakili Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sakedang menegaskan, konferensi ini adalah amanat dari PDPRT.

“PDPRT sekarang, calon ditetapkan PWI Pusat. Calon diajukan PWI daerah dan nanti diverifikasi dan ditetapkan oleh PWI Pusat,” katanya.

Dikatakannya, aturan yang baru melarang ASN menjadi anggota PWI. Dan anggota PWI yang berstatus ASN paling banyak di Sumatera Barat.

“Ini akan ditertibkan. Selain itu, semua wartawan yang sudah lanjut umur juga diharuskan ikut UKW. Karena semua anggota PWI wajib kompeten. PWI akan melaksanakan UKW bagi wartawan lanjut umur, ujiannya gratis,” terangnya.

Ia menginformasikan, untuk menghadapi Pilkada 2024, Mendagri mengeluarkan surat edaran untuk kepala daerah.

“Edaran Mendagari ini meminta Kepala Daerah bekerjasama dengan PWI untuk membantu sosialisasi Pilkada bermatabat,” ujarnya.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.