Bintek Posyandu, Syafrizal Ucok: Pokir Anggota DPRD Percepat Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syafrizal. MM membuka secara resmi Pelatihan Penguatan Sistem  Informasi Posyandu di Convention Hall Hotel Novotel, Bukit Tinggi, Minggu (12/10). Turut hadir Dra. Armiati Rustam. MM, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Daerah Pemilihan Kabupaten Agam dan Kota Bukit Tinggi yang juga sebagai narasumber.

Bimtek tersebut digelar dengan tema “Melalui Pelatihan Penguatan Sistem Informasi Posyandu, Kita Tingkatkan Kualitas Data dan Informasi Posyandu yang Akurat, Tepat Waktu dan Tepat Guna”.

Dalam pidatonya, Syafrizal Ucok mengatakan, kader Posyandu merupakan salah satu bentuk  Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat  (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan.

Ditambahkannya, pembinaan dan revitalisasi Posyandu merupakan program pemerintahan dalam memenuhi pelayanan sosial dasar kesehatan masyarakat dengan melibatkan instansi terkait sesuai dengan peran dan fungsi mading-masing, masyarakat dan lembaga terkait lainnya dalam rangka penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Epi

“Peran pokok pikiran anggota DPRD sangat positif sekali dalam pembangunan, apalagi dalam pembinaan kesehatan ibu dan anak,” ujarnya.

Syafrizal Ucok sangat berharap sekali agar Ibu Armiati dan anggota DPRD lainnya untuk lebih bersinergi lagi dalam meningkatkan peran dan perhatiannya dalam pelaksanaan pembangunan di daerahnya, dan terutama pada kegiatan yang menyentuh langsung kepada kehidupan masyarakat.

“Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan,” tutupnya.

Panitia Bimtek, Dra. Indrawati Roza. MSi yang juga Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 160 kader Posyandu di Kabupaten Agam yang berasal dari Kecamatan Palupuah dan Palembayan. Narasumber dari DPRD Provinsi Sumatera Barat, Dirjen Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Operator Sistem Informasi Posyandu Pusat, P3MD Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Dinas Pemberdayaan Desa Sumatera Barat dan PKK Provinsi Sumatera Barat. “Kegiatan ini dibiayai dengan APBD Provinsi Sumatera Barat,” jelasnya. Rilis/Akral

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.