Bintek SIP, Sekda Ali Asmar: Posyandu Garda Terdepan Layani Kesehatan Ibu dan Anak

JURNAL SUMBAR | Padang – Pos Pelayanan Terpadu yang disingkat dengan Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Dr. Ali Asmar, MPd ketika membuka Bimbingan Teknis Penguatan Sistem Informasi Posyandu (SIP), Rabu malam 15 November 2017 di The Axana Hotel Padang.

Lebih lanjut Ali Asmar menyampaikan, arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang kesehatan menggariskan, peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan ibu dan anak yang dilakukan melalui peningkatan Posyandu. “Posyandu merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan ibu dan anak di Nagari,” tegas Ali Asmar.

Ali Asmar juga mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Posyandu diperlukan informasi yang terstruktur dengan baik dan mudah diakses oleh masyarakat dan pihak yang berkepentingan dengan Posyandu, maka dibutuhkan Sistem Informasi Posyandu (SIP).

Epi

“Adanya SIP dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan kegiatan yang strategis dan yang sesuai dengan kondisi kekinian,” tutupnya.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syafrizal, MM selaku Panitia yang didampingi Dra. Indra Roza, MSi yang juga Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Lembaga Adat mengatakan, Bimbingan Teknis Penguatan Sistem Informasi Posyandu (SIP) bagi Kader Posyandu yang dilaksanakan merupakan angkatan ke II, dan angkatan pertama dilaksanakan di Bukitinggi minggu yang lalu.

Selanjutnya Kadis PMD menyampaikan, kegiatan ini merupakan hasil pokok pikiran Komisi V anggota DPRD Sumbar, Dra. Siti Izati Azis anggota Komisi V dari Fraksi Partsi Golkar.

“Bimtek ini diikuti oleh 120 orang kader Posyandu se Kabupaten Padang Pariaman. Seluruh peserta diinapkan di The Axana Hotel Padang, dan pembiayaan kegiatan ini bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2017,” jelas Syafrizal.

Pada kegiatan ini juga diserahkan seragam Kader Posyandu oleh Siti Izati kepada peserta secara dimbolis. Rilis/Akral

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.