Ansor Sumbar Fokus Lakukan Pengkaderan Banser

JURNAL SUMBAR | Sijunjung– Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat tahun 2018 akan fokus melakukan pengkaderan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Hal ini untuk memperkuat ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari rongrongan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Demikian ditegaskan Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman, pada pelaksanaan Diklat Terpadu Dasar (DTD) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, Sabtu (30/12/2017) di Kampung Rambutan Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

DTD berlangsung Jumat (29/12/2017) hingga Minggu (31/12/2017) diikuti sebanyak 100 orang peserta, menampilkan instruktur Ketua PCNU Sijunjung Bustamam Habib, instruktur Ansor Armaidi Tanjung, Arianto, Zeki Aliwardana, dari Polres dan Dandim Sijunjung.

Menurut Rahmat, pengkaderan Banser dimaksudkan untuk memperkuat perjuangan kader generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Baik tantangan ilmu pengetahuan, teknologi, agama maupun ideologi kebangsaan.

Epi

“Dengan DTD ini diharapkan generasi muda Sumatera Barat yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ansor semakin miliki pemahaman terhadap perjuangan Ansor dalam membangun bangsa, negara dan agama,” kata Rahmat.

Dikatakan Rahmat, pengkaderan Ansor di Sumatera Barat ini dimaksudkan untuk memperkuat nilai-nilai dan paham Islam Ahlussunnah Waljamaah. Selain itu, juga mempersiapkan generasi muda yang moderat, toleran dan menerima perbedaan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

“Belakangan ini semakin banyak muncul gerakan yang ekstrim dan ingin mengganti ideologi Negara Indonesia, yakni Pancasila. Untuk itu, Ansor memberikan pemahaman kepada generasi muda bagaimana hubungan Islam, Pancasila dan kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat,” kata Rahmat menambahkan.

Ketua Panitia DTD Ansor Sijunjung Fadhur Rahman menyebutkan, DTD ini merupakan pengkaderan Ansor dan Banser pertama di Kabupaten Sijunjung. Dengan peserta 100 orang, terlihat cukup antusias generasi muda Sijunjung mengikuti.

“Kita targetkan tiga bulan ke depan akan mengadakan DTD lagi. Sehingga semakin banyak generasi muda Sijunjung yang berjuang mengawal dan menegakkan Islam Ahlussunnah Waljamaah di bumi Lansek Manih ini,” kata Fadhur yang didampingi Sekretaris PC GP Ansor Sijunjung Pebriyaldi.

Tampil sebagai instruktur Ketua PCNU Sijunjung Bustamam Habib, instruktur Ansor Armaidi Tanjung, Arianto, Hafnizon, Zeki Aliwardana, dari Polres dan Dandim Sijunjung. Pelaksanaan DTD materi kebanseran sepenuhnya diperkuat dari jajaran Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Kabupaten Dhamasraya, yakni A. Faizin dan Eri Sulamto. Rilis/Armaidi Tanjung

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.